7 Tips Membuat Konten Berkualitas untuk Blog

BisablogDEMO.blogspot.com - Seperti apa sih cara membuat konten yang berkualitas supaya bisa menarik perhatian pengunjung? Pertanyaan ini rasanya kerap kali muncul di benak content writer atau bahkan content creator.

Karena konten yang bermutu memang menjadi kunci bagi content writer untuk mendapatkan traffic yang bagus untuk website mereka.

Ketika pengunjung tertarik dengan tulisan yang kamu buat, ada kemungkinan besar kalau mereka akan kembali lagi untuk membaca artikel lain di situsmu. Sebab, mereka telah menemukan informasi yang komplit dan berkualitas di situs yang kamu buat.

Lantas, bagaimana caranya membuat konten yang berkualitas dan enak dibaca? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

cara membuat konten berkualitas untuk blog

Cara Membuat Konten Berkualitas

1. Buat konten yang orisinil

Satu hal yang patut diingat, jika kamu ingin membuat blog yang sukses, mulailah dari membuat konten yang orisinil.

Memang betul bahwa kini tidak ada konten yang benar-benar buah pikiran kita sendiri. Tapi setidaknya jangan menggunakan cara curang seperti menyalin artikel milik orang lain, menggunakan spintax, menggunakan spinner, atau cara instan lainnya.

Lagipula ada kemungkinan besar kalau konten-konten yang dibuat dengan cara tersebut tidak akan bertahan lama di SERP.

Dan jika kamu membeli artikel dari orang lain, kamu bisa menggunakan beberapa tools online seperti Duplicheker atau Quetext untuk mengecek plagiarisme.

2. Riset Keyword

Jika ingin bersaing dengan kompetitor lainnya dengan baik, hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat konten adalah melakukan riset keyword

Saat ini, semua orang berlomba-lomba untuk membuat konten berkualitas yang dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Tapi agar konten tersebut bisa mendatangkan banyak trafik, kita harus bisa membidik kata kunci yang bisa mendatangkan pengunjung.

Untuk melakukan riset keyword, kita memakai berbagai macam tools gratis untuk riset keyword seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest. Namun untuk hasil yang lebih lengkap, kita bisa memakai tools premium seperti SEMrush atau Ahrefs.

3. Buat headline yang baik

Setelah menemukan ide konten serta kata kunci yang tepat, luangkan sedikit waktu untuk membuat headline yang kuat dan menarik.

Karena dibandingkan isi konten, headline atau judul yang bagus adalah hal pertama yang bisa menarik perhatian para pembaca. Jika judulnya saja tidak menarik, bagaimana orang lain akan membaca isi kontennya?

Meski begitu, bukan berarti kamu hanya membuat headline yang kuat namun isi kontennya ternyata biasa saja. Konten berkualitas tetap memainkan peran penting agar pengunjung kembali lagi ke situs kamu.

4. Temukan gaya menulis sendiri

Saat ini hampir semua topik sudah dibahas oleh banyak blog. Hal ini tentu membuat persaingan menjadi ketat dan sulit untuk bisa menonjol di antara kerumunan.

Untuk membedakan tulisan kita dengan tulisan di blog lain, kita bisa menggunakan gaya menulis kita sendiri. Cara lainnya adalah dengan mencari sudut pandang yang berbeda.

Untuk melakukannya, kita bisa menonjolkan beberapa bagian yang sekiranya berbeda, atau bahkan tidak ada di konten yang lain.

5. Kemas konten dengan menarik

Bagaimana caranya agar kita bisa mengemas konten dengan menarik? Nah, salah satu cara yang bisa dilkaukan adalah dengan membuat konten yang interaktif.

Untuk melakukannya, kita bisa melibatkan audiens lewat beberapa pertanyaan yang kamu ajukan. Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan storytelling di dalamnya karena kebanyakan orang suka membaca artikel dengan cerita seru di dalamnya.

Hal yang paling penting adalah membuat paragraf pertama semenarik mungkin agar kamu bisa menarik perhatian pembaca sejak awal.

6. Buat tulisan yang akurat

Tulisan yang dibaut dengan rapih akan sangat percuma jika isinya sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan. Yang ada, reputasi situs kita akan semakin buruk karena isi kontennya tidak akurat dan tidak bisa dipercaya.

Karena itulah, selalu selektif dalam memilih sumber tulisan. Ada baiknya jika kita berpengalaman pada topik yang sedang dibahas atau mencoba sendiri sebelum dibaca oleh orang lain.

7. Update Konten Secara Berkala

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tulisan yang akurat adalah dengan mengupdate konten secara berkala. Jadi jika kamu memiliki konten yang bisa muncul di halaman pertama, bukan berarti perjuangan kamu sudah selesai.

JIka tidak diurus dengan baik, konten kamu lambat laun bisa tersalip oleh konten lain yang lebih baik dan lebih fresh di mata Google.


Nah, itu dia 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten yang berkualitas. Tidak hanya enak dibaca, tulisan kamu pun bisa lebih baik dibanding kompetitor, bahkan memenangkan persaingan di SERP. Meski begitu skill menulis saja tidak cukup, jadi lengkapi juga dengan ilmu SEO agar hasilnya lebih memuaskan.

0 Response to "7 Tips Membuat Konten Berkualitas untuk Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi