Situs Terbaik untuk Belajar Ngeblog Bagi Pemula

BisablogDEMO.blogspot.com - Dulu ketika pertama kali ngeblog saya kira saya hanya akan berkutat sekitar menulis saja. Ternyata ada cukup banyak hal yang bisa dipelajari. Belajar semuanya sendiri dari nol rasanya cukup sulit juga, untungnya ada banyak situs belajar ngeblog bagi pemula.

Adanya platform blogging gratis seperti Wordpress.com dan Blogger jelas sangat membantu banyak bloger pemula untuk membuat blog pertama mereka.

Cukup buat akun, kita sudah bisa membuat blog yang bisa langsung kita pakai. Mudah, cepat, dan tidak perlu harus banyak tahu masalah teknis seperti koding.

Meski kita bisa langsung membuat konten dan mempublikasikannya, ternyata ada banyak hal lain seputar blogging yang bisa kita pelajari. Mulai dari teknik menulis, SEO, hingga belajar Javascript, ada banyak hal baru yang bisa kita pelajari untuk meningkatkan skill ngeblog kita.

Beruntunglah masih banyak master blogging di luar sana yang tidak pelit untuk membagikan ilmunya secara gratis. Jujur saya pun sangat terbantu dengan adanya artikel-artikel seputar blogging yang berseliweran di internet.

Jika kamu juga mencari situs untuk belajar ngeblog, beberapa blog ini mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Situs terbaik untuk belajar ngeblog (image:https://unsplash.com/photos/GX8KBbVmC6c)

Situs Terbaik untuk Belajar Ngeblog

Sebenarnya ada banyak situs untuk belajar ngeblog yang dulu saya jadikan acuaan. Namun kebanyakan saya hanya menyomot ilmu yang saya butuhkan saja.

Di antara semua situs tersebut, ada beberapa yang rutin saya kunjungi karena isinya yang menarik dan penuh dengan konten berkualitas. Tidak hanya situs luar negeri saja, berikut ini situs-situs yang saya jadikan tempat menimba ilmu blogging.

1. PanduanIM

Mungkin banyak yang setuju kalau situs PanduanIM adalah salah satu situs terbaik untuk belajar ngeblog. Tidak hanya untuk pemula, blogger yang sudah berpengalaman pun rasanya masih bisa mendapatkan banyak ilmu baru di situs ini.

Materi yang disajikan sangat komplit, mulai dari mencari tema blog, membuat blog, membuat konten, hingga mendapatkan trafik. Tidak hanya lengkap, panduan yang disajikan di situs ini juga memiliki struktur yang jelas. jadi kita bisa mengikuti step-by-step semua langkahnya secara teratur.

2. Sugeng.id

Jika kita mencari keyword 'tutorial blogger', kamu bisa menemukan situs sugend.id nangkring di halaman pertama.

Tidak heran sih, blog yang dimiliki mas Sugeng Riyadi ini memang sering menjadi kiblat bagi bloger yang ngeblog menggunakan Blogger / Blogspot.

Selain sering membagikan tips dan trik seputar blogging dan Adsense, mas Sugeng juga cukup terkenal karena juga menjual salah satu template blogger terbaik, yaitu Viomagz.

3. Blogodolar

Blog milik mas Herman Yudiono ini saya temukan saat saya mulai belajar cara menghasilkan uang dari blog yang saya miliki. Salah satu bahasan menariknya adalah pengalaman beliau keluar dari pekerjaannya yang cukup mentereng dan mulai mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan.

Tidak hanya itu, situs ini juga memiliki beberapa artikel studi kasus yang cukup menarik untuk kamu yang ingin belajar dari nol bagaimana caranya membuat blog yang dapat menghasilkan uang.

4. ArlinaDzgn / Igniel / BungFranki

Jika kamu sering mengutak-atik template dan memodifikasi tampilannya, kamu harus mengunjungi situs-situs tersebut. Di sini kamu bisa belajar banyak hal seputar koding yang pastinya bisa membantu kamu membuat blog yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Ada alasan tersendiri kenapa saya menggabungkan ketiganya, karena selain berbagi tutorial teknis blogging, mereka juga merilis template blogger mereka sendiri.

5. Backlinko

Satu situs terakhir di daftar ini adalah Backlinko milik Brian Dean. Di sini kamu bisa belajar banyak mengenai SEO dan cara meningkatkan trafik blog.

Situs ini mungkin hanya akan merilis satu artikel saja per bulannya. Tapi kualitas isinya sangat luar biasa dan selalu menjadi acuan bagi mereka yang serius ingin belajar ngeblog sampai mahir.

Selain kelima blog di atas, sebenarnya masih banyak lagi situs keren lainnya yang bisa menjadi rujukan kamu. Jika kamu punya rekomendasi lainnya, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini yah!

1 Response to "Situs Terbaik untuk Belajar Ngeblog Bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi