7 Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog

BisablogDEMO.blogspot.com - Tidak lagi sekedar sarana berbagi, blog kini juga bisa menjadi sumber penghasilan. Jika kamu juga mau mencobanya, ada banyak cara menghasilkan uang lewat blog yang bisa kamu coba.

Siapa di antara kamu yang ngeblog karena uang?

Saya !!!! (angkat tangan paling pertama, hihihi)

Memang awalnya saya ngeblog bukan semata karena uang. Tapi setelah merasakan 'gurihnya' punya penghasilan tambahan dari blog, rasanya tambah semangat saja ngeblognya.

Harus diakui kini blog tidak lagi menjadi tempat untuk saling berbagi. Besarnya jumlah pembaca blog membuat peredaran uang di sekitarnya juga ikutan naik.

Tidak cuma lewat iklan saja, ada banyak cara lainnya untuk 'menguangkan' blog yang kita punya.

cara menghasilkan uang lewat blog
Cara menghasilkan uang lewat blog (image: https://unsplash.com/photos/rItGZ4vquWk)

Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog

Di bawah ini ada beberapa cara untuk menghasilkan uang lewat blog. Meski opsinya ada banyak, kamu tidak perlu menggunakan semua metode tersebut. Pilih saja beberapa yang sesuai dengan jenis blog yang kamu miliki.

1. Pasang Iklan

Menggunakan jasa layanan iklan seperti Adsense mungkin menjadi cara pertama yang terlintas di kepala kita jika kita berbicara masalah monetasi blog.

Tidak heran sih, karena menggunakan Google Adsense sebagai sumber penghasilan memang sangat populer untuk mendulang rupiah dari blog, apalagi jika kamu memiliki blog dengan niche yang memiliki CPC tinggi dan dibayar mahal oleh Adsense.

Meski begitu syaratnya cukup berat dan rasanya akan sulit untuk blog pemula. Jika trafik blog kamu masih terlalu sedikit, akan sulit untuk mencapai batas penarikan $100.

Namun jika kita sudah memiliki blog dengan trafik yang tinggi, Adsense dan jaringan iklan lainnya bisa menjadi pilihan utama yang sangat menjanjikan.

2. Menyediakan Spot Iklan

Selain memasang Adsense, kita juga bisa menyediakan spot iklan sendiri di blog kita. Dibandingkan Adsense, cara ini lebih mudah dan kita tidak perlu menunggu lama untuk bisa gajian.

Meski begitu spot iklan yang kamu tawarkan harus memiliki trafik tinggi agar bisa laku dan dilirik pengiklan.

3. Paid Review & Content Placement

Paid review dan content placement adalah bentuk kerjasama antara blog dengan brand tertentu di mana kita diharuskan untuk memposting artikel dengan imbalan tertentu.

Pada content placement, biasanya kita hanya perlu memposting artikel yang sudah disediakan oleh klien. Namun pada paid review, kita harus membuat artikel kita sendiri. Makanya pada banyak kasus, tawaran paid review biasanya memberikan imbalan dalam jumlah yang lebih besar dibanding content placement.

Selain dua cara tersebut, sebenarnya ada juga bentuk kerjasama lainnya yang bisa kita lakukan, yaitu dengan menjual backlink.

Jika kamu memiliki postingan yang populer dan menempati peringkat tinggi di halaman pencarian Google, biasanya ada saja klien yang ingin 'menanam' link pada postingan tersebut. Dengan cara ini, kita hanya perlu menambahkan link saja ke dalam postingan yang sudah jadi.

4. Mengikuti Program Afiliasi

Menjelaskan program afiliasi mungkin akan lebih tepat jika kita menggunakan analogi makelar.

Di indonesia sendiri rasanya kebanyakan program afiliasi menerapkan sistem cost-per-sale. Jadi dengan mempromosikan produk/jasa tertentu, kita bisa dapat komisi untuk setiap transaksi sukses.

Dibandingkan Adsense, cara ini jauh lebih mudah karena umumnya tidak ada syarat yang berat untuk mulai mengikuti program afiliasi. Kita bahkan tidak perlu membeli produk yang akan kita rekomendasikan terlebih dahulu.

Besarnya nilai komisi yang bisa kamu dapat tergantung program afiliasi yang kita ikuti. Produk digital dan hosting biasanya memiliki nilai komisi yang besar, sementara produk fisik kecuali fashion biasanya memiliki nilai komisi yang cukup rendah.

5. Jual Jasa/Produk Sendiri

Jika kamu memiliki keahlian tertentu atau produk buatan sendiri, blog adalah salah satu cara efektif untuk memperkenalkan dan menjual jasa/produk kamu tersebut.

Di Indonesia sendiri cukup banyak blog yang menjual hasil karya mereka sendiri. Misalnya saja mas Sugeng yang menjual template Blogger-nya sendiri atau mas Herman Yudiono yang menjual e-book seputar blogging dan cara menghasilkan uang lewat blog.

6. Menggunakan Shortlink

Jika kamu memilki blog download, menggunakan shortlink adalah cara tercepat dan termudah untuk menghasilkan uang lewat blog.

Dengan shortlink, kita hanya perlu memendekan link saja untuk mendapatkan uang. Beda dengan link pendek hasil URL shortener pada umumnya, shortlink akan membayar kita untuk setiap klik unik yang diperoleh link pendek tersebut.

Jika kamu butuh rekomendasi shortlink penghasil uang legit dan terbukti membayar, kenapa tidak coba Adsafelink saja?

7. Ikut Lomba Blog

Jika kamu memiliki keterampilan menulis, mengikuti lomba blog adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas tulisan kamu sekaligus berburu hadiah serunya.

Tidak hanya itu, lomba blog juga bisa menjadi ajang promosi blog.

Lomba blog sendiri cukup rutin digelar setiap bulannya dan hadiahnya pun cukup menggiurkan. Beberapa lomba bahkan memiliki hadiah yang 'wah' seperti mobil, motor, hingga berangkat umroh.

Penutup

Seperti bisa kamu lihat, ada cukup banyak cara menghasilkan uang lewat blog. Selain ini bahkan masih ada cukup banyak cara lain yang mungkin tidak kalah menarik.

Meski ada cukup banyak cara, ada baiknya kamu fokus pada salah satu cara saja. Dengan begitu kamu juga bisa lebih fokus mengatur konten yang akan kamu buat dan hasil yang didapat juga bisa lebih maksimal.

Satu catatn penting lainnya yang harus kamu tahu, membuat blog bukanlah cara cepat untuk mendapatkan uang lewat internet. Beberapa orang ada yang berhasil dalam waktu yang cepat, namun lebih banyak lagi yang gagal dan tidak mendapatkan apa-apa meski sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun ngeblog.

Jadi jika kamu serius ingin mendapatkan uang lewat blog, pelajari caranya, buat target khusus, dan fokus. Jika kamu bisa melakukannya dengan konsisten, mungkin kamu bisa bergabung dengan bloger lain yang bisa mendatkan uang hingga milyaran dari blog saja.

0 Response to "7 Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi