5 Tips untuk Menambah Penghasilan Rumah Tangga dengan mudah

BisablogDEMO.blogspot.com - Siapa sih yang tidak mau punya penghasilan tambahan di luar gaji pokok? Apalagi jika gaji bulanan kita tidak seberapa besar, punya penghasilan tambahan pasti akan sangat membantu!

Jika kamu masih belum berkeluarga, gaji pokok sebatas UMR mungkin akan sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun jika sudah berkeluarga, pos pengeluaran jadi terasa jauh lebih besar hingga berkali-kali lipat.

Untungnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengakali keuangan rumah tangga kita. Tidak hanya dengan berhemat saja, kita juga bisa melakukan 5 cara berikut ini untuk menambah penghasilan.

Cara Menghasilkan Penghasilan Tambahan

Tips menambah penghasilan rumah tangga (image: https://unsplash.com/photos/lCPhGxs7pww)

1. Mulai Bisnis Sampingan

Uang yang berasal dari gaji umumnya dipakai untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Jika ada sisa, satu hal yang biasa dilakukan adalah menabungnya.

Sayangnya menabung tidak memiliki banyak manfaat selain mudah diambil sewaktu-waktu. Tidak jarang uang bahkan berkurang nilainya jika bunga yang didapat tidak sebanding dengan potongan administrasi yang dikenakan bank.

Agar uang lebih produktif dan bisa menjadi berlipat ganda, kamu bisa memutarnya untuk memulai bisnis sampingan saja. Coba riset di daerah sekeliling kamu dan lihat potensi bisnis yang tersedia. Jika kamu merasa kesulitan untuk membuka usaha baru, kamu bahkan bisa mengikuti franchise agar tidak perlu repot.

2. Mencoba Bisnis Online

Dibanding bisnis dalam bentuk fisik, bisnis online relatif lebih mudah karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan nyaris tanpa modal. Enaknya lagi, bisnis online bisa dilakukan bahkan ketika kamu sedang bekerja.

Jika kamu butuh ide bisnis online tanpa modal, beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba antara lain affiliate marketer, blogger, atau dropshipper.

3. Investasi

Berinvestasi mungkin bukan cara cepat untuk mendapat penghasilan tambahan. namun jika kita jeli, hasil yang didapat dari investasi bisa cukup besar, setidaknya lebih besar dibanding hanya menabung saja.

Pilihan invetasi pun kini cukup beragam mulai dari emas atau reksa dana yang bisa dilakukan dengan modal kecil, hingga investasi tanah atau properti yang butuh modal besar.

Jika kamu mau mengambil sedikit resiko, berinvetasi dalam mata uang kripto seperti Bitcoin juga bisa kamu lakukan. Dengan fluktuasi harga yang kadang bisa cukup tinggi dalam waktu singkat, peluang untuk dapat penghasilan tambahan lewat cara ini sangat terbuka lebar.

4. Bekerja secara freelance

Punya hobi atau keahlian khusus? kenapa tidak dimanfaatkan saja? Dengan menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas, kita bisa memanfaatkan hobi dan skill kita menjadi uang tambahan.

Untuk memasarkannya juga tidak terlalu sulit. Jika kamu memiliki hobi, kamu bisa membuat blog, grup facebook, atau kanal Youtube yang nantinya bisa kamu monetasi. Sedang untuk skill bisa kamu tawarkan di situs freelance seperti Sribu, Sribulancer, Freelancer Indonesia, Upwork, atau Projects.co.id.

5. Minta naik gaji

Jika keempat cara di atas masih belum menghasilkan output yang memuaskan, mungkin kamu bisa minta naik gaji untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Meski begitu hal ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika kamu sudah bekerja cukup lama, apalagi jika selama ini kamu memiliki track record yang baik, maka bukan tidak mungkin permintaan kenaikan gaji kamu akan disetujui. Tidak jarang lho kenaikan gaji karyawan diberikan karena ada permintaan dari karyawan itu sendiri.

- - -

Setelah berhasil menambah penghasilan rumah tangga, jangan sampai pengeluaran kamu juga bertamah besar yah! Ketika kamu mendapatkan uang lebih, masukan saja deposit atau putar kembali uang tersebut untuk mendapat cuan yang lebih besar. Jadi bijak-bijaklah mengatur keuangan kamu sendiri!

0 Response to "5 Tips untuk Menambah Penghasilan Rumah Tangga dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi