5 Manfaat Guest Posting yang Harus Kamu Tahu!

BisablogDEMO.blogspot.com - Guest posting, guest blogging, atau menjadi penulis tamu adalah salah satu strategi terbaik yang bisa kamu lakukan pada blog atau website yang kamu punya.

Sayangnya masih banyak bloger yang memandang guest posting dengan sebelah mata.

Memang sekilas guest posting ini seperti hal yang sia-sia. Kenapa kita harus membuatkan orang lain sebuah konten? padahal kalau buat kita sendiri kan pasti lebih bagus?

Hmm, kalau begitu kenapa guest blogging masih banyak dipakai orang lain yah? memang apa saja sih manfaat guest posting? Yuk kita simak bareng-bareng!

Manfaat Guest Blogging

Manfaat guest posting bagi blogger
Manfaat guest posting bagi blogger (image: https://unsplash.com/photos/3GZNPBLImWc)

Meski kita harus mengorbankan salah satu konten terbaik kita untuk orang lain, bukan berarti guest posting tidak ada gunanya. Nyatanya, ada cukup banyak manfaat guest posting yang saya kira sepadan dengan pengorbanan yang harus kamu lakukan.

1. Trafik

Guest blogging adalah salah satu cara meningkatkan trafik blog secara gratis. Jika kita menjadi penulis tamu di situs-situs yang memang sudah memiliki trafik yang cukup besar, bukan tidak mungkin sebagian trafik tersebut akan penasaran dan mengunjungi situs kita.

Karena itulah jangan segan-segan untuk mengirim tulisan terbaikmu. Siapa tahu ada di antara pembaca artikel tamu kamu yang berubah menjadi pembaca setia blog kamu.

2. Networking

Selain menambah trafik, guest blogging juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar bloger. Semakin sering kamu menjadi penulis tamu, semakin banyak pula bloger yang kamu kenal. Dengan semakin luasnya network yang kamu punya, pintu rezeki kamu juga bisa bertambah lebar lho!

3. Backlink

Jujur saja rasanya trafik dan networking mungkin bukan jadi alasan utama kenapa masih banyak bloger yang mau menjadi penulis tamu. Justru di antara semua manfaat guest blogging, dapat backlink gratis mungkin menjadi imbalan paling penting. Wajar karena biasanya kita dapat imbalan link dofollow saat melakukan guest posting.

Jika kita baru saja membuat blog, rasanya akan sulit untuk mendapatkan backlink dari situs lain secara cuma-cuma. Membuat authority site yang menjadi rujukan banyak blog jelas akan memakan waktu lama. Backlink yang bisa kita usahakan di awal-awal mungkin hanya spamming di forum, website direktori, dan website lain semacamnya.

Padahal backlink tidak hanya masalah kuantitas, tapi juga kualitas. Dengan guest posting, kamu bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa harus spamming di website orang lain.

4. Melatih kemampuan menulis

Sebagai penulis, umumnya kita memiliki gaya penulisan tertentu dalam setiap tulisan kita, aplagi jika kita sering membuat artikel dalam topik yang sama di blog kita.

Dengan menjadi penulis tamu, mau tidak mau kita dituntut untuk bisa menyesuaikan gaya menulis kita dengan tema dan kriteria yang sudah ditentukan oleh si pemilik blog. Karena itulah, guest blogging bisa menjadi ajang bagi kamu untuk meningkatkan dan melatih kemampuan menulis kamu.

5. Portfolio

Jika kamu menjadikan profesi menulis sebagai ide bisnis online kamu di tahun 2020 ini, maka menjadi penulis tamu adalah kesempatan baik untuk memasarkan hasil karya kamu.

Praktik semacam ini sya lihat cukup banyak dilakukan di blog luar negeri, untuk dalam negeri sendiri rasanya masih jarang (atau saya kurang jauh yah mainnya?)

Yang jelas tidak hanya bisa dipakai untuk memperkenalkan dan memajang hasil karya kamu saja, jika artikel yang kamu kirim berkualitas, bukan tidak mungkin nama kamu akan menjadi rekomendasi saat orang mencari penulis handal.

6. Mendapatkan uang

Jumlahnya memang tidak banyak, tapi ada beberapa blog dan situs tertentu yang menyediakan imbalan uang jika artikel kamu berhasil muncul sebagai artikel tamu di website mereka. Meski begitu umumnya cara seperti ini tidak memberikan backlink, namun jika kamu lebih mementingkan fee untuk biaya internet bulanan, kamu mungkin perlu mencari situs yang menyediakan sistem guest posting seperti ini.

- - -

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan manfaat guest posting? Jadi lain kali jika ada yang menawarkan kamu untuk menjadi penulis tamu di sebuah blog, jangan ragu untuk mengirim artikel terbaik kamu. Luamayan kan bisa dapat trafik sekaligus backlink gratis!

0 Response to "5 Manfaat Guest Posting yang Harus Kamu Tahu!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi