Cara Gratis Untuk Meningkatkan Trafik Blog dan Website

BisablogDEMO.blogspot.com - Memiliki trafik yang tinggi adalah impian bagi setiap pemilik blog dan website. Dengan trafik yang tinggi, blog kita akan semakin terkenal dan potensi pendapatan yang kita dapat juga bisa ikut meningkat.

Sayangnya bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan trafik dalam jumlah yang masif, terutama saat kita baru mulai ngeblog. Untungnya hal tersebut bukanlah hal yang mustahil!

Jika kamu mau bekerja keras, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan trafik blog atau website yang kamu punya. Tidak perlu bayar, semua cara ini bisa kamu lakukan gratis selama kamu mau belajar.

Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Gratis

cara meningkatkan trafik blog secara gratis
Cara meningkatkan trafik blog secara gratis (image: https://unsplash.com/photos/IBaVuZsJJTo)

1. SEO

SEO atau search engine optimization adalah cara yang menurut saya paling ampuh untuk mendatangkan trafik dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu, trafik yang kamu dapat umumnya konsisten dan tidak akan turun terlalu jauh.

Dengan SEO, kita juga tidak perlu repot mencari trafik sendiri karena pengunjung akan datang dengan sendirinya melalui konten-konten kita yang bisa nangkring di peringkat teratas hasil pencarian.

Sayangnya SEO terlalu kompleks untuk dijelaskan di satu artikel saja. Bahkan jika pembahasannya dibagi menjadi SEO On-Page dan SEO Off-Page saja bahasannya masih terlalu banyak. Untuk hal ini, kamu bisa belajar pelan-pelan sambil mempraktikannya sendiri. Semakin banyak ilmu SEO yang kamu kuasai, semakin besar pula peluang kamu untuk bisa muncul di halaman pertama Google.

Sebagai langkah awal, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
  • Membuat website yang responsive
  • Membuat loading blog lebih cepat
  • Riset keyword, terutama long tail keyword
  • Cari backlink berkualitas, dan jangan lupa menggunakan internal link juga
  • Menggunakan alt text pada gambar, dsb

2. Aktif di Sosial Media

Tidak melulu dari hasil pencarian web, kamu juga bisa mendulang trafik melalui sosial media. Jika kamu bisa memanfaatkannya dengan benar, trafik yang berasal dari sosial media juga cukup besar lho!

Agar kamu sukses mendapatkan trafik blog dari sosmed, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, konten tetap menjadi hidangan pembuka yang harus kamu siapkan dengan sempurna. Percuma kan kalau kamu aktif di sosial media tapi kontennya tidak berkualitas?

Kedua, sering-seringlah berinteraksi dengan para followers kamu. Dari pengalaman saya, blog yang aktif menjawab pertanyaan para followernya biasanya lebih diingat dibanding blog yang hanya memanfaatkan medsos hanya untuk share artikel saja. Tidak jarang mereka malah menjadi rujukan pertama setiap kali ada permasalah seputar bahasan blog tersebut.

Ketiga, gunakan strategi khusus saat memposting artikel kamu di sosmed. Kamu bisa melakukannya dengan memposting di jam-jam ramai, memposting artikel yang sama berulang-ulang secara berkala, menggunakan hashtag, hingga mentag atau me-mention orang dan brand yang kamu sebut di artikel kamu. Tapi jangan berlebihan yah! jangan sampai kamu malah dianggap menyebalkan karena sering spam.

3. Forum

Aktif di foum bisa menjadi salah satu cara meningkatkan trafik blog secara gratis. Di forum sendiri biasanya akan memiliki beberapa topik atau sub topik tertentu. Jika kamu memiliki blog dengan niche khusus, kamu bisa main di topik tersebut. Dan jangan hanya menjadi silent reader, kalau bisa kamu harus aktif di blog tersebut!

Meski bisa mendatangkan banyak trafik, kamu juga harus hati-hati di forum. Salah langkah blog kamu malah bisa 'terancam' oleh blogger lain yang iri. Jadi sebelum kamu membagikan link ke blog sendiri, alangkah baiknya kamu meningkatkan authority kamu di forum tersebut.

4. Rajin blogwalking dan komentar di blog orang lain

Secara singkat blogwalking bisa diartikan sebagai jalan-jalan mengunjungi blog orang lain. Tapi jangan sekedar baca saja, tinggalkan komentar kamu juga di blog tersebut. Tidak hanya mudah, blogwalking dan berkomentar juga membuka peluang kamu untuk berkenalan dengan bloger lain.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari blogwalking, komentarlah di blog yang memiliki banyak trafik. Dan yang terpenting, tinggalkanlah komentar yang benar-benar berkualitas, tidak sekedar cuap-cuap saja. Kalau komentar kamu bermanfaat bagi pemilik blog, bukan tidak mungkin komentar kamu malah dijadikan rujukan dan dimasukan ke dalam artikel yang kamu komentari. Lumayan, promosi gratis kan?

5. Guest posting

Menjadi penulis tamu juga bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan trafik, tergantung di mana kamu melakukan guest posting. Tidak hanya itu, guest posting juga biasanya membolehkan kita menaruh satu backlink dofollow yang pastinya akan bagus untuk website kita. Selain itu, guest posting juga bisa menjadi jembatan untuk membangun relasi yang baik dengan pemilik blog lainnya.

Sayangnya tidak semua blog menyediakan sarana untuk menjadi penulis tamu secara gamblang. Namun kamu bisa menanyakannya langsung pada pemilik blog. Pastikan saja blog tersebut memiliki trafik dan nilai DA/PA yang baik serta spam score yang rendah. Dengan begitu kamu tidak hanya mendapat limpahan trafiknya saja tetapi juga link juice yang baik bagi blog kamu.

6. Membuka peluang guest posting

Kalau kamu tidak percaya diri menulis untuk blog orang lain, kamu juga bisa mencari trafik dengan membuka kesempatan bagi orang lain untuk menjadi penulis tamu di blog kamu sendiri. Dengan imbalan backlink, kamu bisa memberi syarat bagi penulis untuk membagikan artikel yang mereka tulis di blog kamu ke akun sosmed mereka selama beberapa kali.

7. Manfaatkan Youtube

Jika kamu mencari trafik dalam jumlah besar, kenapa tidak mencoba Youtube? Dengan memiliki akun Youtube dan mengisinya dengan konten yang sesuai dengan niche blog kamu, trafik antar dua channel ini bisa saling mutualan. Trafik pun semakin besar.

- - -

Bagaimana, ada banyak kan cara untuk meningkatkan trafik blog secara gratis? Selama kita mau belajar dan bekerja keras, semua pasti ada jalannya kok!

0 Response to "Cara Gratis Untuk Meningkatkan Trafik Blog dan Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi