9 Cara Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google

BisablogDEMO.blogspot.com - Setiap pemilik blog pasti ingin agar tulisan mereka bisa muncul di halaman pertama Google, bahkan kalau perlu berada di peringkat teratas.

Dengan berada di halaman terdepan, konten kita memiliki potensi lebih besar untuk dikunjungi dan dibaca lebih banyak orang. Tidak hanya itu, blog yang sudah terpasang iklan atau link afiliasi pun bisa mendatangkan uang dalam jumlah yang lebih besar.

Sayangnya untuk berada di barisan terdepan bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kita mengincar keyword potensial dengan tingkat pencarian yang tinggi.

Meski begitu, hal ini bukanlah hal yang mustahil jika kita mau belajar. Setidaknya 11 cara ini harus kamu kuasai agar kamu bisa bersaing dan membuat blog muncul di halaman pertama Google.

Cara Membuat Website Ada di Halaman Satu Google

Cara agar blog muncul di halaman pertama Google (image: https://www.pexels.com/photo/light-smartphone-macbook-mockup-67112/)
Sebenarnya ada cara singkat untuk membuat artikel berada di halaman pertama Google. Selain memasang iklan, kita bisa memanfaatkan jasa SEO atau bahkan menggunakan teknik blackhat SEO. Sayangnya dua cara pertama butuh modal yang tidak sedikit, sementara cara terakhir sebaiknya dihindari agar blog tidak kena penalti Google.

Agar lebih aman dan peringkat yang kamu dapat memang organik, gunakan 11 cara membuat blog ada di halaman pertama Google yang ini saja!

1. Lakukan riset keyword

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk bersaing dengan kompetitor lainnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Dan hal ini bisa kamu mulai dengan melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Setiap keyword memiliki tingkat persaingan serta jumlah pencarian yang berbeda-beda. Ada keyword yang banyak dicari orang dan banyak diincar oleh situs-situs besar. Namun ada juga keyword potensial yang memiliki tingkat persaingan yang rendah. Keyword semacam inilah yang harus kita incar, terutama jika kita baru saja membuat sebuah blog.

2. Buat konten yang SEO-friendly

Bukan hanya mudah dibaca oleh pengunjung, konten yang ingin bersaing di halaman pertama Google juga harus memenuhi kaidah SEO. Jadi selesai menulis, perhatikan juga teknik SEO on-page yang bisa kamu terapkan di artikel seperti:
  • Buat permalink yang SEO-friendly
  • Sebaran keyword dan sinonimnya, terutama di paragraf pertama dan heading/sub-heading
  • Gunakan meta description
  • Optimasi gambar
  • Jangan lupa mengisi image alt text, dll
Selain itu artikel yang ingin bersaing juga harus lebih baik dibanding konten lain yang ada di halaman pertama. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan metode skyscraper yang dipopulerkan oleh Backlinko.

3. Perbaiki tampilan blog dan menu navigasi

Membangun blog yang baik jangan hanya fokus pada tampilan yang baik di mata Google saja! Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah membuat blog yang bagus di mata pengunjung. Dengan begitu mereka yang 'nyasar' ke blog kamu akan betah berlama-lama, dan bukan tidak mungkin akan kembali ke blog kamu untuk memeriksa konten baru secara berkala.

Lalu seperti apa kriteria blog yang bagus di mata pengunjung?

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperbaiki tampilan blog. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan skema warna yang baik, memilih typography yang nyaman dibaca, atau pilih saja tema/template dengan tampilan yang menarik.

Selain itu buat juga menu navigasi yang baik agar pengunjung dapat dengan mudah mencari informasi yang mereka butuhkan. Jangan lupa siapkan halaman kontak agar kamu bisa dihubungi dengan mudah.

4. Jangan ragu untuk menambahkan eksternal link

Banyak blogger yang baru belajar SEO ragu ketika mereka harus membuat link eksternal yang mengarah ke situs lainnya. Padahal eksternal link yang dibuat dengan seksama juga bagus untuk meningkatkan skor SEO kita.

Jadi jangan ragu untuk membut eksternal link selama hal tersebut relevan dan tidak mengarah ke situs spam atau situs yang tidak jelas. Malah kamu juga bisa memberitahu si pemilik blog ketika kamu mencatumkan link ke situs mereka. Siapa tahu (minimal) kamu di-mention oleh pemilik blog dan dapat trafik baru.

5. Jangan lupakan internal link

Internal link adalah link yang mengarah ke konten lain milik kita yang ada di satu website yang sama. Fungsi dari internal link ini sendiri lumayan banyak. Selain memudahkan pengunjung untuk melihat artikel yang relevan, internal link juga akan mempermudah Google Bot dalam merayapi dan mengindeks konten kita.

Tidak hanya itu, halaman dengan nilai page authority yang tinggi juga bisa dipakai untuk mengalirkan link juice dan mendongkrak performa konten kita yang lain.

6. Beri backlink pada konten

Backlink adalah salah satu faktor yang banyak mempengaruhi ranking sebuah konten di mata Google. Semakin banyak orang yang menautkan link ke sebuah artikel, semakin kuat pula posisi artikel tersebut di hasil pencarian Google.

Untuk mendapatkan backlink, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Jika kamu memiliki PBN, backlink bisa ditanamkan di salah satu blog yang kamu punya. Jika tidak, kamu bisa menyewa jasa PBN terpercaya. Untuk kamu yang tidak mau keluar modal, kamu bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan melakukan guest posting. Tidak hanya dapat backlink berkualitas, kamu juga bisa meningkatkan domain authority website kamu.

7. Optimalkan kecepatan website

Kecepatan website adalah poin penting pertama yang harus kamu pertimbangkan saat membuat blog. Karena sebagus apapun konten yang kamu buat, atau sebagus apapun tampilan blog yang kamu miliki, akan percuma jika pengunjung harus menunggu lama.

Tidak hanya itu, kecepatan website juga menjadi salah satu faktor penentu ranking sebuah website yang jelas tidak boleh ditinggalkan. Untuk mempercepat loading website, kamu bisa mulai dengan beberapa langkah berikut:
  • Kurangi penggunaan script yang berlebihan (termasuk iklan / Google Adsense)
  • Gunakan ukuran gambar yang optimal dan kompress terlebih dahulu sebelum digunakan
  • Minify CSS, JavaScript, dan HTML
  • Menggunakan CDN, dll

8. Fokus pada satu Niche tertentu

Sebenarnya tidak masalah jika kamu membuat situs gado-gado yang berisi segala jenis konten dari berbagai macam tema. Namun seperti pelanggan yang masuk ke sebuah toko, mereka tentu akan lebih senang jika masuk ke toko khusus yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan membuat blog dengan satu niche khusus, kamu bisa fokus membuat dan mengembangkan satu tema tersebut saja. Selain itu konten berkualitas dalam satu niche akan membuat situs kamu menjadi salah satu website authority untuk niche tersebut.

9. Manfaatkan sosial media

Sosial media adalah slah satu amunisi yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan blog yang kamu punya. Dengan sosial media, kita bisa menjangkau lebih banyak pembaca dan membuat artikel berpotensi untuk lebih banyak dishare. Artikel yang sering dibagikan di sosial media, terutama oleh pembaca, akan menjadi poin plus di mata Google agar kamu bisa bersaing dengan konten lain dengan topik yang sama.

0 Response to "9 Cara Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi