5 Cara Ampuh untuk Mengembangkan Bisnis Online

BisablogDEMO.blogspot.com - Bisnis online akhir-akhir ini semakin menjamur dan bahkan ditenggarai membuat bisnis offline konvensional semakin terpinggirkan. Hal ini tidak mengherankan melihat banyaknya keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan bisnis secara online.

Selain membutuhkan modal yang lebih sedikit, kemajuan di bidang teknologi juga banyak membantu mempermudah transaksi jual beli secara online tanpa harus saling bertatap muka. Tidak hanya sistem pembayarannya saja, pengiriman barang pun bisa dilakukan dengan mudah dengan banyaknya moda transportasi yang ada saat ini.

Meski sekilas tampak mudah, ada banyak kesulitan tersendiri bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis secara online. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan agar bisa sukses berbisnis online, salah satu dari lima cara berikut ini mungkin bisa Anda coba.

Cara mengembangkan bisnis online (image: https://unsplash.com/photos/gUIJ0YszPig)

1. Tentukan target Anda

Untuk mengembangkan bisnis online, Anda harus tahu terlebih dahulu siapa target Anda. Apakah produk Anda ditujukan khusus untuk wanita? apakah produk Anda digunakan oleh mereka yang sudah memiliki anak? apakah produk Anda lebih banyak dipakai oleh mereka yang bekerja di luar ruangan? dsb.

Dengan menentukan target, Anda dapat lebih fokus dalam mencari trafik dan tidak melakukan promosi secara membabi-buta. Dengan begitu rasio konversi akan lebih besar dan bisnis Anda pun dapat berkembang ke arah yang benar.

2. Gunakan sistem pembayaran yang kredibel

Salah satu kekurangan bisnis online adalah tidak adanya jaminan keamanan atas transaksi yang kita lakukan, apalagi penjual dan pembeli tidak pernah bertemu secara langsung. Inilah yang menyebabkan kasus penipuan online menjadi cukup marak di tengah majunya bisnis online.

Karena itulah, untuk menarik minat pembeli, Anda harus memiliki sistem pembayaran yang kredibel terlebih dahulu, seperti escrow atau rekening bersama. Dengan sistem ini, baik pembeli maupun penjual akan sama-sama merasa aman saat bertransaksi.

3. Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan bisnis online dan memperkenalkan brand Anda ke khalayak luas. Saat ini ada banyak media sosial yang bisa dipilih, namun ada baiknya jika Anda bisa fokus ke salah satu kanal yang sesuai dengan citra brand yang Anda miliki.

Satu hal penting lainnya, jangan terlalu sering melakukan hard selling melalui sosial media karena followers Anda lama-kelamaan akan jenuh. Cukup posting secara rutin produk-produk Anda dan banyak-banyaklah berinteraksi dengan followers Anda. Akan lebih bagus jika Anda sering memberikan kejutan untuk meningkatkan engagement dengan para pengikut Anda.

4. Manfaatkan media visual

Tidak peduli jika bisnis online Anda hanya berupa dropshipping yang menggunakan produk miik orang lain, setidaknya untuk presentasi Anda harus bisa tampil beda dengan pesaing Anda yang memasarkan produk yang sama.

Di dunia bisnis online, media visual memainkan peran penting dalam menarik minat calon konsumen Anda. Jika tidak percaya, coba tengok saja Instagram yang tidak hanya populer sebagai platform sosial media biasa, tetapi juga sebagai lapak untuk berjualan.

5. Rangkul pelanggan Anda

Siapapun tahu kalau meyakinkan pembeli baru akan lebih sulit dibanding meyakinkan pembeli yang sudah pernah bertransaksi dengan kita. Karena itulah database pelanggan mutlak harus dimiliki jika Anda ingin mengembangkan bisnis online.

Dengan memberikan layanan serta after service yang baik kepada pelanggan, bukan tidak mungkin mereka akan kembali membeli dari Anda, atau bahkan merekomendasikan bisnis online Anda pada teman dan kerabat mereka.

6. Teruslah berinovasi

Sama seperti prinsip dagang pada umumnya, janganlah cepat merasa puas dengan pencapaian Anda saat ini, karena selalu ada celah untuk melakukan perbaikan dan mengembangkan bisnis online yang Anda miliki.

...

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis online yang Anda miiki. Jangan lupa untuk terus belajar dan gunakanlah toko lain yang lebih sukses sebagai referensi.

0 Response to "5 Cara Ampuh untuk Mengembangkan Bisnis Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi