Berapa Sih Harga Untuk Membuat Blog Pribadi?

BisablogDEMO.blogspot.com - Mau coba bikin website atau blog? Kira-kira berapa sih harganya? Cari tahu yuk, berapa banyak sih dana yang kita butuhkan untuk membuat blog pribadi?

Di era keterbukaan seperti ini, rasanya penting banget buat kamu yang mau eksis di dunia maya untuk punya sebuah website atau blog.

Tidak sekedar untuk saling berbagi informasi saja, blog juga bisa menjadi media untuk menampilkan hasil karya kamu (portfolio), menghasilkan uang melalui iklan, hingga menjual produk kamu sendiri.

Sayangnya kalau yang belum pernah bergelut di bidang ini kadang masih suka penasaran, sebenarnya berapa sih harga yang diperlukan untuk membuat sebuah blog?

Biaya Untuk Membuat Blog/Website

Berapa biaya untuk membuat blog/website? (Image: https://pixabay.com/photos/euro-seem-money-finance-piggy-bank-870757/)
Biaya untuk membuat sebuah blog/webstite tergantung dari banyak faktor seperti domain yang akan digunakan, hosting, tema/template blog, sampai masalah maintenancenya.

Dengan variabel semacam ini, biaya untuk membuat sebuah blog rentangnya cukup besar, dari mulai gratis sampai ratusan juta rupiah (yup betul, bisa ratusan juta beneran lho!).

Jadi buat kamu yang penasaran, saya bagi-bagi deh sesuai dengan fitur yang bisa kamu dapat.

1. Hosting

Di antara semua variabel lainnya, hosting mungkin salah satu yang harganya cukup mahal. Harga paling murah kisarannya belasan ribu per bulan, kalau mau yang lebih powerful, harganya bisa sampai ratusan ribu atau bahkan jutaan per bulannya.

Tapi hosting berbayar ini cuma perlu kamu bayar kalau kamu mau pakai hosting sendiri. Buat yang modalnya cekak, kita bisa pakai hosting gratis.

Untuk alternatif terbaik, pilihannya biasanya antara dua, Wordpress.com atau Blogger. Kalau suruh milih sih saya lebih suka Blogger. Selain lebih mudah dikustomisasi, Blogger juga bisa dipasang custom domain tanpa harus tambah biaya lagi.

Blog Blogger bagus gak sih?

Ya bagus banget, pake server Google gtu loh! Btw saya pernah iseng ngecek uptimenya pake UptimeRobot dan blog Blogger yang saya punya uptimenya 100%, keren!

Gak cuma itu, hosting gratis Blogger ini juga lumayan tangguh. Saya sih belum pernah coba sampai ribuan visitor per bulannya, tapi ada beberapa teman bloger yang pakai Blogger untuk pengunjung yang jumlahnya ribuan per bulannya, mantap kan!

2. Nama Domain

Kalau kita beli hosting, nama domain juga kudu dibeli supaya hostingnya bisa dipakai untuk membuat blog.

Beda kalau kita pakai platform blogging gratis seperti Blogger, biasanya kita sudah dapat subdomain yang belakangnya .blogspot.com.

Meski kamu pakai hosting gratis, saya sarankan kamu untuk membeli nama domain sendiri. Selain jadi lebih tampak bonafide, nama domain unik juga bagus untuk reputasi blog kamu dan bisa bikin kamu lebih mudah diterima Adsense.

Harga domain sendiri berbeda-beda tergantung di registrar mana kamu mendaftarkannya serta ekstensi yang kamu pakai. (Psssst, kalau kamu nyari rekomendasi tempat beli nama domain murah, cek postingan saya sebelumnya yah!)

Btw harga domain termasuk murah banget lho! Untuk ekstensi populer .COM, harnyanya cuma 120K - 135K aja per tahunnya. Kalau mau yang lebih murah, ada domain .XYZ atau .WEB.ID yang harganya 50K ke bawah.

Kalau saya sih lebih pilih ekstensi .COM. Pokoknya selama nama domain .COM masih ada, gak usah pikir mau pakai ekstensi lainnya.

3. Tema/Template Premium

Kalau yang ini sih sebenernya optional, boleh pakai, boleh enggak.

Cuma buat kamu yang suka utak-atik tampilan blog bakalan kebantu banget kalau pakai tema premium. Kalau pakai tema gratis biasanya opsi modifikasinya terbatas. Kalau kamu bisa HTML dan CSS sih enak, kalau enggak ya paling terima jadi aja dari templatenya.

Harga untuk tema/template ini beragam tergantung platform blogging yang kamu pakai.
Untuk Template Blogger, harganya berkisar antara $5.00 sampai $15.00. Kalau tema Wordpress biasanya lebih mahal, bisa sampai $99.00 atau lebih untuk satu lisensinya.

Worthed gak sih?

Banget!

Setelah lama pakai tema gratisan, baru ngerasain enaknya pakai tema berbayar yang ternyata gampang banget di-setting-nya.

Nah, buat kamu yang nyari template premium, coba cek deh di tempat-tempat ini.

4. Konten

Konten adalah nyawa dari sebuah blog. Lagian kan pembaca datang ke blog kita karena mencari konten yang dapat mereka cerna.

Meski ada baiknya dibuat sendiri, apalagi untuk blog pribadi, urusan konten juga bisa lho diserahkan ke orang lain.

Jika kamu memiliki banyak blog, atau memiliki blog yang sudah bisa menghasilkan uang, kamu bisa membeli konten atau menyewa orang lain sebagai ghost writer. Dengan begitu kamu bisa konsentrasi ke hal lain seperti marketing atau interaksi di sosial media.

Namun sebelum membeli konten, pastikan kamu juga mengontrol isinya agar pembaca setia tetap kembali ke blog kamu dan tulisan yang baru bisa menambah value pada blogmu yang sudah ada.

Untuk urusan harga, rasanya cukup beragam. Ada penulis yang mematok harga murah sementara ada juga penulis yang mematok harga yang cukup mahal. Tapi hati-hati, jangan sampai tergiur dengan harga murahnya saja, jangan sampai kamu malah mendapat artikel hasil content spinner yah!

Jadi Berapa Biaya Untuk Membuat Blog Pribadi?

Wah, kalau ini kayaknya jawabannya tergantung isi kantong kamu.
  • Gratis - Pilihannya buat blog pribadi di wordpress.com atau Blogger. Saya sendiri lebih pilih Blogger karena bisa dipasang custom domain gratis.
  • Up to 150K - Kalau kamu buat blog pribadi di Blogger + nama domain dengan ekstensi .COM, .NET, .XYZ, atau .WEB.ID.
  • 150k - 250k - Buat kamu yang ingin buat blog pribadi di Blogger + nama domain + template premium. Btw untuk range harga segini, kamu juga bisa mulai beli hosting untuk buat blog pribadi pakai self-hosted Wordpress.
Di atas rentang harga tersebut, kamu bisa membuat blog pribadi dengan berbagai tambahan keren seperti tema premium atau bahkan konten SEO. Jadi kalau kamu sekarang sudah tau mau buat blog seperti apa, langsung saja mulai, jangan tunggu kelamaan!

1 Response to "Berapa Sih Harga Untuk Membuat Blog Pribadi?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi