Platform Blogging Gratis Terbaik, Wordpress atau Blogger?

BisablogDEMO.blogspot.com - Beda orangnya, beda juga kebutuhannya. Kalau bicara ngeblog, beda bloggernya, beda juga platorm bloggingnya.

Bagi sebagian blogger, buat blog di Blogger sudah lebih dari cukup. Tapi beberapa yang sudah coba, buat blog di Wordpress mungkin rasanya jauh lebih baik.

Tapi tidak hanya Wordpress dan Blogger saja, masih ada banyak lagi platform blogging lain yang bisa dipakai. Cuma kalau kita nyari yang gratisan, dua nama ini memang jadi pilihan paling populer.

Enaknya pakai platform blogging gratis kayak dini, kita tidak perlu pusing masalah biaya. Ya iya lah, gratis gtu loh!

Meski gratis, kualitas hosting yang kita dapat biasanya sudah cukup mumpuni. Dari curhatan beberapa Blogger di forum/grup GB, blog Blogger/Wordpress bahkan bisa dipakai untuk menampung ribuan visitor per harinya. Kalau beli hosting pasti mahal banget sewa perbulannya!

Sayangnya platform blogging gratis juga banyak kekurangannya. Maklum, namanya numpang di rumah orang kita harus patuh sama peraturan yang ada di situ. Salah dikit blog kita bisa dihapus tanpa ada peringatan dulu.

Tapi kalau boleh pilih, sebenernya bagusan mana sih, Blogger atau Wordpress?

Wordpress vs Blogger, Siapa yang Lebih Baik?

wordpress atau blogger, lebih bagus mana
Wordpress vs Blogger, mana yang lebih bagus? (image: https://unsplash.com/photos/vZJdYl5JVXY)

1. Wordpress

Wordpress mungkin jadi nama pertama yang akan terlintas kalau kita bicara masalah blogging. Wajar karena CMS ini memang memiliki pengguna yang jumlahnya mayoritas. Selain menyediakan software untuk membuat blog, Automattic juga memiliki layanan blogging gratis buat kamu yang ingin mencoba aplikasi ini.

Cukup daftar di wordpress.com, kita sudah bisa membuat satu akun blog sendiri yang bisa kita pakai bebas sampai kapanpun selama tidak menyalahi aturan dari Wordpress.Saya sendiri memilih Wordpress karena tema default yang bisa kita pilih lumayan beragam dan cukup bagus. Selain itu ada dukungan plugin Jetpack yang meski gak lengkap-lengkap amat, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan blogging harian.

Meski begitu, wordpress.com memiliki cukup banyak kekurangan yang menurut saya cukup krusial. Pertama, untuk pasang custom domain kita harus upgrade akun terlebih dahulu, dan harganya lumayan mahal tergantung paket apa yang kita ambil. Kedua, kalau kita mau pasang iklan, hanya tersedia layanan Wordads yang memang sama-sama dimiliki Automattic. Dan syaratnya lumayan besar juga kalau mau ikutan. Terus saya dah bilang belum kalau kamu harus dah upgrade akun juga?

Ketiga, Kalau kita memutuskan untuk pindah dari wordpress.com ke self-hosted wordpress yang kita hosting sendiri, ada konsekuensinya. Kalau kita sudah lama membuat blog, biasanya secara perlahan reputasi blog tersebut bakalan naik, apalagi kalau kita punya konten viral yang dibaca dan dishare sama banyak orang. Nah, kalau kita pindah nama domain, kita bisa mengalihkan trafik dan status ini ke domain yang baru. Jadi gak perlu lagi repot bangun lagi dari awal. Masalahnya, kalau di wordpress.com ada biaya kalau kita mau melakukan redirection semacam ini. Ujung-ujungnya memang duit lagi!

2. Blogger

Selain Wordpress, yang boleh dibilang pesaing terberat di kelas platform blogging gratis ya Blogger ini. Gak cuma karena puinya Google aja, Blogger memang punya banyak kelebihan yang jarang dimiliki sama platform blogging gratis lainnya, termasuk Wordpress.

Satu hal yang cukup menonjol dari Blogger jika dibandingkan dengan Wordpress adalah level kustomisasinya yang sangat tinggi. Kalau kamu bisa sedikit koding, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memodifikasi tampilan maupun fungsi blog Blogger agar sesuai dengan keinginan kita. Kalupun kamu tidak mengerti betul caranya, ada banyak kok tutorialnya di internet.

Terus apa kekurangannya?

Kalau dibandingkan sama wordpress.com, jujur aja Blogger sih jadi kelihatan tidak punya banyak kekurangan. Dulu sih Blogger identik sama tampilannya yang jadul dan ketinggalan jaman, tappi sekarang dah lumayan banyak tuh template Blogger yang tampilannya kekinian dan kece abis!

Kalaupun ada yang disebut kekurangan ya paling karena kita numpang di Google, ada banyak persyaratan ketat yang harus kita taati. Salah dikit bisa kena semprot atau bahkan dihapus blognya tanpa seijin kita. Gak cuma blog baru, blog lawas juga gak aman dari ancaman semacam ini. Makanya kudu sering-sering backup konten supaya kita bisa kehilangan semua tulisan kita.

Kesimpulan

Blogger vs Wordpress.com, kalau boleh memilih sih jelas saya lebih condong ke Blogger. Selain lebih mudah dimodifikasi, Blogger juga bisa dipasangkan custom domain tanpa harus upgrade akun dulu. Sama halnya kalau mau pindah ke platform blogging lain, redirection-nya gratis, jadi gak perlu lagi susah payah bangung trafik dan reputasi blog dari nol.

Satu hal lain, blog ini juga bikinnya pakai Blogger kan, jadi kalau mau pilih Blogger atau Wordpress, Blogger aja deh!

0 Response to "Platform Blogging Gratis Terbaik, Wordpress atau Blogger?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi