Bosan Ngeblog, Lakukan 5 Hal Ini Saja!

BisablogDEMO.blogspot.com - Saat saya menulis ini, tercatat sudah lebih dari dua minggu ini saya tidak terlalu aktif ngeblog.

Di blog utama saya postingan terakhirnya hampir dua minggu yang lalu. Di blog saya yang lainnya ada yang sudah menyentuh satu bulan. Blog saya yang lainnya bahkan sudah dua bulan ini saya tidak isi dengan konten baru. Miris, padahal harusnya saya lebih semangat mengingat saya punya cukup banyak blpg yang harus diurus.

Sama seperti kamuj yang sedang membaca ini, saya muingkin mengalami writers block. Bukan karena saya tidak punya ide untuk ditulis, tetapi karena saya sedang cukup jenuh untuk menulis.

Persoalan utamanya mungkin karena kini ada banyak pekerjaan kantor yuang menumpuk. Sehari, dua hari, dan seminggu berlalu tanpa pernah saya menjenguk blog yang saya kelola. Terkadang saya memang mampir sejenak untuk melihat apakah ada email yang masuk, berharap tetap ada yang menawarkan kerja sama meski saya sedang vakum menulis.

Tapi di luar itu, saya mungkin hanya membalas komentar yang masuk saja selama sebulan ini.

Jujur saja setelah vakum cukup lama saya merasa sangat berat untuk menulis. Kadang niat itu muncul tetapi tidak ada satupun ide yang terlontar. Ujung-ujungnya saya hanya menatap layar kosong saja.

Semakin lama saya berusaha menulis, semakin saya merasa frustasi karena tidak ada tulisan yang kunjung muncul di blog saya.

Adakah solusinya?

5 Cara agar tidak bosan ngeblog (Image: https://unsplash.com/photos/-oxBnFguXZI)

5 Cara untuk Mengatasi Writer's Block

Jika kamu juga mengalami hal yang sama, ada beberapa hal yang bisa kamu lakuikan utuk menghilangkan rasa jenuh ngeblog. Beberapa cara di bawah ini berhasil untuk saya, dan mungkin akan berhasil juga buat kamu.

1. Jangan terlalu perfeksionis

Salah satu hal yang saya akui cukup sering menghambat kerja saya adalah sikap saya yang terlalu perfeksionis.

Berhubung saya hanya mengandalkan SEO untuk mendapatkan trafik, saya selalu berusaha untuk membuat konten terbaik yang syukur-syukur bisa tampil di halaman pertama Google, kalau bisa malah dapat peringkat pertama.

Sayangnya agak sulit untuk membuat konten yang bisa nangkring di peringkat pertama Google. Kalaupun saya tahu caranya, proses pembuatannya bisa cukup merepotkan. Berhubung energi saya cukup terbatas untuk membuat konten baru untuk beberapa blog sekaligus. Keadaan ini malah membuat saya malas untuk membuat konten baru. Dan akhirnya memang tidak ada tulisan baru dan  blog saya menjadi terbengkalai.

Untuk alasan inilah, saya mulai pelan-pelan membangun situs bisablogdemo ini.

Situs ini memang konsepnya hanya sebagai dummy blog yang akan saya pakai untuk mencoba beberapa tips dan trik seputar Blogger yang nantinya akan saya tampilkan di blog utama saya.

Sebagai blog percobaan, saya sebenarnya bisa saja mengisinya dengan konten yang seadanya, toh saya kan tidak mengincar trafik. Makanya di sini saya bisa bebas menulis, santai dan tanpa beban. Kalau mood menulisnya sudah kembali lagi, barulah saya menulis artikel SEO lagi.

2. Hilangkan Pengganggu

Di era yang serba terhubung sama internet ini kadang-kadang bikin nulis agak susah.

Susahnya bentar-bentar ada suara 'ting' yang ternyata asalnya dari hape kita. Belum lagi kalau bentar-bentar ngecek Facebook, Twitter, atau Instagram, tambah banyak lagi deh gangguannya.

Buat saya, ngetik itu ada flow-nya. Jadi kalau alirannya terhenti biasanya lumayan lama supaya kembali ke jalur yang benar. Makanya kalau lagi menulis penting banget buat ngilangin gangguan semacam ini.

Satu teknik yang sekarang saya pakai adalah Pomodoro. Jadi kita pakai timer untuk menulis selama sekian menit, nanti kalau sudah kita bisa istirahat sebentar sebelum terus menulis lagi. Misalnya saja menulis 10 menit, istirahat 1 menit. Nanti kalau sudah 3-4 kali repetisi kita bisa istirahat lebih lama.

3. Cari Kegiatan Lain Selain Menulis

Namanya jenuh biasanya muncul kalau kita melakukan sesuatu secara terus menerus. Makanya kalau kita lagi jenuh ngeblog, paling pas ya berhenti dulu menulis dan lakukan hal lain yang gak berhubungan sama nulis. Dengan begitu otak bisa dapat stimulan lain dan punya aktifitas baru.

Beda orang, beda juga cara relaksasinya. Beberapa blogger mungkin lebih memilih untuk main game. Ada juga yang lebih seneng denger musik, menonton film, olahraga, atau malah main bareng teman. Apapun kegiatannya, pastikan jauh-jauh dari ngetik dan nulis, jadi ketika kamu harus menulis, otak kamu sudah fresh lagi.

4. Cari Suasana Baru untuk Menulis

Salah satu rutinitas yang perlu diganti juga jika kamu ingin menghilangkan writer's block adalah dengan mengganti susana tempat kamu ngeblog.

Kalau kamu biasanya ngeblog dari dalam kamar, coba sekali-kali pindah ke dapur, teras, atau tempat lain di rumah kamu. Sebagai opsi lain, kamu juga bisa nyoba ngeblog di kafe atau di lokasi umum lainnya. Memang kelihatannya sepele, tapi ganti suasana itu lumayan ngaruh lho!

5. Mulai Ngetik!

Kalau memang masih belum ada niat buat ngetik, coba deh tulis beberapa kalimat acak. Buat beberapa orang, biasanya yang sulit itu mulainya, kalau sudah mulai nulis, biasanya idenya akan datang dengan sendirinya. Jadi kalau kamu stuck dan lagi gak niat nulis, coba iseng ketak-ketik keyboard kamu aja!

Penutup

Tuh kan terbukti, ini iseng nulis 20 menit aja dapat 800 kata lebih. Lumayan kan, tadinya padahal lagi malas nulis.

Memang kalau lagi jenuh dan stuck kadang yang kita perlu hanya menulis dulu. Kalau dah start biasanya tulisan jadi lebih lancar. Yang penting jangan sampai keganggu aja proses nulisnya. Salah-salah malah jadi berhenti dan gak lanjut nulis lagi.

0 Response to "Bosan Ngeblog, Lakukan 5 Hal Ini Saja!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi