15 Tips dan Teknik SEO Blogger untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Google

BisablogDEMO.blogspot.com - Meski Wordpress menjadi CMS terpopuler sejagat, Blogger tetap memiliki banyak peminat, terutama bagi mereka yang ingin membuat blog tanpa harus keluar modal terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, tampilannya yang sederhana juga membuat Blogger (Blogspot) sangat mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang awam terhadap blog sekalipun. Cukup daftar dengan akun Blogger lalu buat blog baru sesuai dengan nama yang kamu inginkan. Setelah selesai, blog baru pun siap digunakan tanpa harus berkutat dengan kode dan hal teknis lainnya.

Untuk masalah tampilan, Blogger kini juga tidak kalah keren dibanding Wordpress. Tapi kalau kamu mau sukses ngeblog, tampilan bukanlah hal pertama yang harus kamu perhatikan.

Buat kamu yang mengincar banyak trafik dari Google dan punya tujuan untuk menghasilkan uang dari blog, maka SEO adalah hal yang wajib dipelajari. Lalu apa saja teknik SEO dasar yang haruas kamu kuasai untuk bisa nangkring di halaman pertama Google?

15 Tips dan Teknik SEO Blogger untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Google (image: https://unsplash.com/photos/l5if0iQfV4c)

1. Gunakan kata kunci dalam konten

Kata kunci (keyword) adalah frasa atau kata-kata terpisah yang menunjukkan kepada Google bahwa artikel kita sedang membahas topik tertentu. Jika kamu sudah menemukan kata kunci yang tepat, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyebarnya di konten kita. Poin yang paling penting antara lain di judul, heading, subheading, hingga alternate text pada gambar.

Meski begitu kamu juga tidak perlu berlebihan dalam menyebar kata kunci. Sebagai alternatif, kamu bisa memakai kata kunci berupa sinonim dari kata kunci kamu agar sebaran keywordnya lebih beragam.

2. Buat paragraf pertama yang baik

Paragraf pertama, atau 100 kata pertama adalah hal yang cukup krusial jika kita bicara masalah SEO. Selain harus ditata dengan baik agar memikat hati pembaca, paragraf awal juga harus diisi uraian singkat yang mengandung kata kunci yang kita incar.

3. Buat artikel yang lengkap

Dari beberapa penelitian, artikel yang lebih lengkap biasanya memiliki peringkat yang lebih baik. Secara teori, artikel yang lebih panjang memang lebih mudah untuk disisipi keyword. Selain itu kita juga bisa memasukan beberapa keyword turunan untuk menjaring trafik.

Meski begitu perhatikan juga panjang artikel dengan topik atau bahasan yang kita ambil. Jangan malah nantinya artikel kita penuh dengan bahasa yang bertele-tele.

4. Sisipkan juga internal link

Tautan internal adalah cara tradisional untuk menghubungkan beberapa konten dengan link. Dengan hal ini, baik pengunjung maupun bot Google akan lebih mudah melihat semua artikel yang terkait dengan artikel yang sedang mereka baca. Tidak hanya itu, internal link juga bisa membantu mendongkrak posisi artikel lain di website kamu.

5. Gunakan permalink yang SEO-friendly

Tidak seperti Wordpress, tidak banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah permalink. Untungnya kita masih bisa mengubah slugnya. Jadi sebelum kamu posting, usahakan untuk membuat custom link secara manual. Tidak perlu membuatnya terlalu panjang dan pastikan ada kata kunci yang kamu incar di link tersebut.

6. Perhatikan gambar

Umumnya gambar dianggap sebagai pemanis blog saja, padahal gambar juga bisa membantu kita dalam memperbaiki skor SEO. Jadi jika kamu menggunakan gambar pada artikel, jangan hanya pilih yang tampilannya menarik saja, pastikan kamu memasukan kata kunci pada nama gambar, teks alternatif, bahkan pada caption bila perlu.

7. Buat sitemap

Adanya sitemap akan membantu mesin pencari untuk melakukan navigasi di situs kita. Dengan begitu proses indexing dapat dilakukan dengan lebih mudah dan konten kita pun bisa tampil di hasil pencarian Google dengan cepat. Blogger sendiri sudah menyiapkan sitemap yang bisa langsung kita submit ke Google Search Console.

8. Pasang Google Analytics

Memasang Google Analytics mungkin tidak akan mempengaruhi peringkat secara langsung. Tetapi tools gratis yang luar biasa ini akan membantu kita memantau banyak hal seperti sumber trafik blog, demografi pengunjung, dan data penting lainnya. Data-data penting ini nantinya bisa kita gunakan untuk meingkatkan performa blog.

9. Manfaatkan media sosial

Sebelum memanfaatkan media sosial, pastikan kamu memiliki konten yang layak dibagikan. Semakin sering dibagikan, semakin besar juga kesempatan bagi konten tersebut untuk menjadi populer dan memiliki skor yang baik di mata Google.

10. Pilih tema yang Google-friendly

Dengan beragamnya tampilan blogger saat ini, memilih tema adalah tantangan tersendiri. Tapi jangan hanya melihat tampilannya saja, ada tiga kriteria lain yang harus kamu prioritaskan, mobile-friendly (responsif), cepat (fast loading), dan dioptimalkan untuk SEO.

11. Moderasi komentar

Komentar spam adalah hal yang harus dihindari semua blog, jadi ada baiknya kalau kamu mengaktifkan opsi untuk memoderasi komentar agar terhindar dari spam. Banyaknya komentar spam yang muncul akan membuat Google menganggap blog kita sebagai spam juga. Jadi jangan merusak reputasi blog hanya karena ingin agar blog kita terlihat banyak yang komentar.

12. Percepat loading blog

Siapa sih yang suka kalau mereka harus menunggu lama untuk bisa membaca sebuah artikel. Karena itulah page speed jadi salah satu kunci sukses sebuah blog, bahkan Google menjadikannya sebagai salah satu faktor untuk menilai ranking sebuah blog.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat loading blog Blogger, di antaranya:
  • Menggunakan template yang punya loading cepat
  • Memakai gambar dengan ukuran yang optimal dan mengkompresinya terlebih dahulu
  • Mengurangi pemakaian script yang tidak terlalu dibutuhkan
  • Mengurangi jumlah postingan yang muncul di halaman depan
  • Tidak menampilkan iklan yang terlalu banyak, dll

Cukup banyak bukan, tips dan teknik SEO Blogger yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan peringkat blog kamu di Google. Sebenarnya selain 12 cara di atas masih ada banyak lagi teknik SEO lainnya. Tapi sebagai permulaan, semua cara di atas bisa kamu coba terlebih dahulu.

0 Response to "15 Tips dan Teknik SEO Blogger untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi