5 Langkah Buat Video Youtube untuk Pemula

BisablogDEMO.blogspot.com - Popularitas Youtube kini membuat banyak orang berbondong-bondong ingin membuat channel mereka sendiri. Apalagi dengan banyaknya cerita Youtuber yang mendadak sukses karena kontennya memiliki banyak penggemar.

Jika kamu juga ingin membuat channel Youtube sendiri, pastikan kamu sudah mempelajari langkah-langkahnya. Dengam begitu kamu tidak asal-asalan dalam membuat video dan bisa memiliki target tertentu agar metrik video kamu lebih baik.

Dah, tanpa berlama-lama, berikut adalah rangkuman langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat video Youtube.

Cara Membuat Video Youtube dari Nol


1. Tentukan Ide Konten

Sebelum membuat video Youtube, langkah pertama yang harus dilakukan adalam mencari ide video yang akan dibuat. Hal yang paling penting menurut saya adalah menyesuaikan isi konten dengan skill yang kita miliki. Sebagai alternatif, kita bisa membuat video dalam topik yang kita senangi.

Jika kamu masih bingung juga, ada beberapa cara untuk mendapatkan ide konten untuk Youtube. Beberapa di antaranya adalah,

  • Riset menggunakan tools gratis seperti Keywordtool.io, atau Google Keyword Planner
  • Mencari topikyang sedang ramai dibicarakan melalui media sosial atau tools gratis seperti Google Trends
  • Mencari situs tanya jawa seperti Quora dan cari pertanyaan yang paling banyak ditanyakan atau dijawab oleh pengguna lainnya
  • Intip channel milik orang lain yang sudah mendapatkan banyak views dan subscriber

2. Buat Konsep Channel dan Video

Jika sudah menemukan ide konten, langkah selanjutnya adalah membuat konsep mengenai isi konten yang akan dibuat menjadi video. Untuk caranya, kita bisa membuat beberapa outline serta penjelasan singkatnya. Setelah itu kita bisa mulai mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk menjadikan konsep tersebut menjadi sebuah video utuh.

3. Membuat Video

Cara pembuatan video youtube akan sangat bergantung pada jenis video yang akan dibuat.

Sebagai contoh, saat membuat vlog berarti kamu harus merekam video terlebih dahulu sebelum nantinya mengedit semua video tersebut agar sesuai dengan konsep yang sudah ditetapkan di awal.

Jika kamu membuat video berbentuk slide, maka kamu bisa langsung membuat video dengan menyertakan informasi menarik pada setiap slidenya.

Selain video, pastikan kamu juga menyiapkan caption dan thumbnail Youtube yang akan digunakan. Meski sekilas sepele, keduanya akan sangat penting dan jika dibuat dengan teknik yang benar bisa membantuk kamu mendapatkan trafik Youtube.

4. Mengedit Video

Sudah selesai membuat video? jangan langsung diupload dulu. Coba lakukan proses editing agar hasilnya lebih baik. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan banyak hal seperti caption, background suara, atau menambahkan/mengurangi bagian video yang dirasa tidak penting.

5. Upload Video

Setelah semuanya selesai, kamu bisa mengupload video ke Youtube. Agar video kamu lebih mudah ditemukan orang lain, pastikan kamu melakukan beberapa hal berikut ini setelah mengunggah video,

  • Gunakan judul yang menarik agar orang tertarik dan penasaran dengan konten yang kita buat.
  • Tambahkan thumbnail dan caption yang sudah kita siapkan
  • Promosikan video melalui akun sosmed lainnya seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk mendatangkan lebih banyak views.

Mmebuat channel Youtube tidak hanya membuat video lalu menguploadnya langsung ke Youtube. Agar bisa sukses, kamu harus riset terlebih dahulu. Dan selain video pun ada banyak hal lain yang juga harus disiapkan seperti thumbnail dan caption menarik.

Setelah selesai diupload, jangan pernah malas untuk mempromosikan channel. Kamu bisa melakukannya dengan membagikan link video ke sosmed, mencantumkan link video di blog, atau dengan cara meninggalkan komentar di channel lain yang memilki niche yang sama.

0 Response to "5 Langkah Buat Video Youtube untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi