7 Tools SEO Terbaik untuk Youtube

BisablogDEMO.blogspot.com - Belakangan Youtube menjadi salah satu platform terpopuler. Tidak hanya karena bisa membuat seseorang menjadi terkenal, tapi juga karena ada potensi Rupiah pada setiap video yang kita buat.

Sama seperti artikel, Google menggunakan algoritma khusus untuk menentukan ranking sebuah video serta apakah sebuah video patut menjadi video rekomendasi. Karena itulah, kita harus mengerti dasar-dasar SEO agar video yang kita upload bisa bersaing dengan video-video lainnya dan meningkatkan jumlah viewer Youtube..

Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan bantuan dari beberapa tools SEO terbaik berikut ini.


1. Google Trends

Mencari topik yang sedang trend dan banyak dicari orang adalah salah satu cara agar video yang kita unggah bisa mendapatkan banyak views. Dan untuk mengatahui topik yang sedang trend, kita bisa menggunakan tools gratis Google Trends.

Selain mengetahui topik terkini, Google Trends juga bisa membantuk kita dalam membuat perbandingan antara topik yang satu dengan topik lainnya. Dengan begitu kita bisa mengetahui topik mana yang lebih potensial untuk digarap.

Cara menggunakan Google Trends sendiri sangat mudah. Kita hanya perlu memasukan kata kunci pada kotak isian yang tersedia. Untuk mendapatkan hasil yang baik, kita bisa memakai filter agar hasil pencarian dipersempit pada range waktu atau lokasi tertentu saja.

2. Serpstat

Serpstat mungkin tidak akan asing di kalangan blogger karena tools SEO ini cukup populer. Fungsinya sendiri tidak jauh berbeda dengan Google Trends meski boleh dibilang lebih lengkap.

Dengan menggunakan tools ini kamu dapat menemukan keyword yang relevan dengan konten video YouTubemu. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk menemukan kata kunci potensial sesuai dengan kata kunci yang sudah ada.

Tidak hanya itu, melalui tools ini kamu bisa melakukan banyak hal seperti analisis backlink, riset keyword, mengaudit situs sendiri, menganalisis kompetitor, dan melacak ranking video.

3. Youtube Analytics

Sama seperti Google Analytics, bedanya youtube Analytics diperuntukan khusus untuk video yang kamu unggah di Youtube. Dengan tools gratis ini, kamu bisa melihat semua statistik yang diperlukan agar kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan channel Youtube kamu.

Sebagai contoh, melalui tools ini kamu bisa melihat seberapa banyak jumlah pengunjung baru yang datang, lalu seberapa banyak dari mereka yang datang kembali menonton video kamu. Selain itu kamu juga bisa melihat durasi tonton pengunjung, video yang paling banyak ditonton, jumlah subsciber, jumlah share, dan masih banyak lagi.

4. VidiQ

Selanjutnya ada VidiQ yang berbentuk aplikasi/add-on untuk briwser Google Chrome. Dengan aplikasi ini kita bisa menaikan peringkat video di youtube dengan cara mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan video tersebut.

Melalui ekstensi ini, kita bisa mengetahui banyak hal mulai dari tingkat engagement, jumlah view per jam, atau durasi tonton pengunjung. Satu hal yang menarik, ekstensi ini bisa menilai seberapa besar peluang video kita untuk masuk ke dalam hasil pencarian pada kata kunci yang kita incar.

5. TubeBuddy

Sama seperti VidiQ, TubeBuddy adalah ekstensi berbayar yang bisa digunkan langsung dari browser Chrome. Meski banyak fitur yang hanya bisa digunakan pada versi premium, beberapa fitur lainnya tetap dapat digunakan pada versi gratisnya.

Dengan ekstensi ini kamu bisa mengecek SEO video dan semua metrik seputar video yang kamu unggah. Sebagai contoh, pada ekstensi ini terdapat beragam fitur keren seperti tools suggested tag, tag explorer, , generator GIF animasi, tautan pendek khusus pelacakan klik, export dan backup, membagikan ke Facebook dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Morning Fame

Tools SEO Youtube lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Morning Fame. Perangkat ini lebih fokus pada penelitian kata kunci dan analisis. Tidak seperti VidlQ dan TubeBuddy, tools ini melakukan penelitian kata kunci dalam empat langkah agar kamu bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih relevan.

Untuk mulai menggunakannya, kamu bisa melakukan dua hal. Pertama, kamu bisa memasukkan istilah penelusuran yang sesuai dengan topik. Kedua, kamu bisa melakukannya dengan menempelkan url video lain yang menjadi inspirasimu.

Setelah langkah ini, aplikasi Morning Fame akan mengambil list ide kata kunci dari video yang serupa atau berhubungan. Barulah setelah itu kita akan mendapatkan rekomendasi berupa dua kanal berdasarkan keyword untuk kategori channel yang lebih besar atau lebih kecil.

7. Rank Tracker

Tools SEO Youtube terakhir yang perlu kamu coba adalah Rank Tracker. Dengan tools ini kamu bisa melakukan riset keyword sebelum memilih topik atau judul apa yang tepat untuk videomu. RankTracker akan menyajikan beberapa data penting seperti perkiraan jumlah kunjungan, volume pencarian, dan bagaimana tingkat kompetisinya di YouTube.


Tanpa SEO pun sebenarnya channel kamu tetap punya peluang untuk bisa terkenal dan selalu muncul di halaman pertama selama konten kita menarik. Namun untuk meningkatkan daya saingnya di tingkat kompetisi yang lebih tinggi, SEO bisa jadi senjata andalanmu. Dan untuk melakukannya, beberapa tools SEO di atas bisa menjadi pilihan kamu.

0 Response to "7 Tools SEO Terbaik untuk Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi