6 Tips untuk Menjadi Blogger Sukses

BisablogDEMO.blogspot.com - Menjadi blogger sukses yang bisa menghasilkan uang dari blog adalah impian banyak bloger baru. Dengan beragam kisah sukses yang pernah kita dengar, banyak bloger yakin bahwa menjadi bloger sukses bukanlah hal yang mustahil.

Meski begitu, menjadi bloger sukses bukanlah hal yang mudah. Selain harus mau terus belajar, kamu juga harus bekerja keras dan konsisten dalam ngeblog. Selain ketiga hal tersebut, masih ada banyak tips untuk menjadi blogger sukses lain yang bisa kamu tiru.

tips blogger sukses

1. Meningkatkan Skill Menulis

Meski blog bisa diisi gambar atau video, tulisan masih menjadi andalan blog untuk mendulang trafik. Karena itulah, skill menulis menjadi sesuatu yang harus terus kamu asah agar kamu bisa membuat konten yang berkualitas untuk blog.

Lalu bagaimana cara meningkatkan skill menulis?

Untungnya saat ini tidak sulit untuk mencari artikel untuk belajar menulis. Tidak hanya itu, sekarang bahkan banyak kelas/kursus menulis artikel yang bisa kamu cari dan ikuti. Jika masih kurang, ada beberapa video Youtube yang memberi pelajaran menulis artikel blog gratis. Yang kamu butuhkan hanya meluangkan waktu untuk belajar menulis saja.

2. Mengatur Waktu dengan Baik

Sebenarnya tidak hanya blogger saja, manajemen waktu yang baik juga diperlukan agar kita bisa sukses dalam karir di bidang lainnya. Dengan manajemen waktu yang tepat, kita bisa konsisten menghasilkan konten, aktif di sosmed, hingga mencegah burn out.

Beberapa tips mengatur waktu yang baik untuk bloger antara lain,
  • Membuat jadwal blogging - Misalnya saja, hari Senin-Jumat kamu alokasikan sebagai waktu untuk membuat konten. Sedangkan Sabtu-Minggu kamu khususkan sebagai waktu untuk blogwalking, mencari ide tulisan, mengatur jadwal sosial media, hingga melakukan optimasi SEO blog.
  • Membuat goal - Bagi sebagian orang, membuat target adalah salah satu cara yang bisa digunakan agar lebih semangat ngeblog. Dengan membuat tujuan tertentu seperti target posting, kita bisa terus mengembangkan blog hingga jauh lebih besar dari sekarang.
  • Rajin mencatat ide - Munculnya ide kadang menjadi sebuah hal yang aneh. Saat kita memikirkannya kadang ide sulit sekali muncul, namun saat kita sedang iseng ide justru muncul dalam jumlah yang banyak. Karena itulah, sediakan catatan khusus untuk mencatat ide-ide ini agar tidak hilang begitu saja.
  • Fokus - Satu hal yang seringkali membuat kita gagal memenuhi target blog adalah tidak adanya fokus pada diri kita. kadang baru menulis sebentar sudah ada notifikasi hape yang menggangu konsentrasi kita. Ujung-ujungnya kita malah malas untuk merapihkan tulisan dan konten pun tidak selesai tepat waktu. Karena itulah, alokasikan waktu khusus untuk menulis. Tidak perlu lama, 30 menit saja sudah cukup selama kita fokus hanya pada blogging saja.

3. Jangan Ragu Belajar Hal Baru

Saat membaut blog, ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Blogger-blogger sukses yang ada sekarang pun tidak serta merta langsung jago dari awal, ada proses belajar yang harus mereka lewati terlebih dahulu.

Sebagai contoh, menulis untuk blog saja ada tekniknya. Semakin sering menulis, kita akan menemukan banyak hal baru yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya. Tidak hanya menulis untuk pengunjung saja, kita juga harus belajar teknik menulis dengan kaidah SEO agar bot Google juga menyukai tulisan kita.

Tidak hanya berkaitan dengan tulisan, kita juga bisa belajar hal-hal teknis seperti mempercepat loading blog, SEO, coding, dan masih banyak lagi.

4. Berkomunikasi dengan baik

Blog bukan hanya media komunikasi satu arah saja. Pengunjung yang ingin bertanya tentu sah-sah saja berkomentar di salah satu artikel yang kita buat. Karena adanya pengunjug adalah salah satu hal penting dalam blogging, menjaga komunikasi dengan baik dengan para audiens adalah langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi bloger sukses.

5. Membangun Networking

Untuk membangun blog dengan cepat, membuat konten saja tidak cukup. Karena itulah, kita perlu promosi agar blog kita lebih banyak dikenal orang lain. Meski kita bisa mempromosikan blog dengan Ads, membangun networking adalah cara lain yang lebih murah dan simpel serta tahan lama.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membangun jaringan untuk blog kita antara lain:
  • Bergabung ke komunitas blogger - Saat ini sudah ada banyak komunitas bloger yang bisa kita ikuti sesuai dengan lokasi hingga jenis blog kita. Beberapa contoh di antaranya adalah Warung Blogger, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, dan masih banyak lagi.
  • Jangan ragu untuk berbagi - Sebelum meminta orang lain untuk mengunjungi blog kita, ada bainya jika kita terasa bermanfaat dulu bagi orang lain. Kita bisa melakukannya dengan sering berbagi informasi penting atau dengan rutin menjawab pertanyaan di forum/grup bogger.
  • Bangun networking dengan bloger senior - Membangun relasi yang baik dengan bloger senior adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan blog. Tidak hanya itu, mengikuti bloger sukses juga bisa membuat kita terpacu untuk bisa sukses.

6. Konsisten

Tips terakhir untuk menjadi bloger sukses adalah menjaga konsistensi. Jujur saja membuat konten dan belajar hal teknis seputar blog adalah hal yang cukup mudah. yang sulit justru mempertahankan spirit tersebut dalam waktu lama.

Bloger sukses bukanlah bloger yang akan menyerah saat melewati sebuah tantangan. justru bloger sukses adalah mereka yang selalu berhasil mengatasi semua rintangan yang mereka hadapi.

Jadi jika suatu saat kamu frustasi dan merasa jenuh ngeblog, ingatlah hal ini. Konsistensi bisa diraih jika kamu berhasil mengatasi perasaan-perasaan negatif seperti hal tersebut.

Bagaimana, mau jadi bloger sukses juga? Makanya, jangan ragu untuk terus belajar dan bekerja keras. Kalau sudah memenuhi target, baru deh santai dulu sejenak dan buat target yang lebih besar lagi.

0 Response to "6 Tips untuk Menjadi Blogger Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi