Cara Mengganti URL Blogspot Tanpa Kehilangan Trafik

BisablogDEMO.blogspot.com - Setiap postingan yang kita publish di Blogger secara default akan memiliki URL berupa nama situs yang diikuti oleh tahun, bulan, dan judul artikel kita. Sebagai contoh, artikel dengan judul "Cara Mengganti URL Blogspot Tanpa Kehilangan Trafik" mungkin akan tampak sebagai berikut:

https://bisablogdemo.blogspot.com/2020/05/cara-mengganti-url-blogspot-tanpa.html

Jika kamu perhatikan contoh di atas, Blogger akan mengambil URL dari judul artikel yang kita buat. Sayangnya saat judul artikel terlalu panjang, Blogger akan memotong judul tersebut sehingga URL akan tampak seperti contoh di atas.

Pada beberapa kasus, hal ini bukan masalah besar. Mengambil contoh di atas, jika saya mengincar keyword 'cara mengganti url blogspot', maka link tersebut sudah cukup memenuhi syarat permalink yang SEO-friendly. Namun jika link tersebut ternyata memotong keyword yang saya incar bagaimana?

Sayangnya kadang hal semacam ini kadang baru kita sadari di kemudian hari, apalagi jika kita mulai belajar SEO. Agar bisa bersaing dengan konten dari blog lain dan muncul di halaman pertama Google, mungkin kamu terpikir untuk mengganti permalink artikel dan meningkatkan skor SEO lainnya.

Sayangnya mengganti permalink blogspot tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika kita langsung menggantinya, maka trafik dan authority yang dimiliki postingan tersebut sebelumnya akan ikut hilang. Meski isinya sama, bot Google akan menganggap konten dengan link baru sebagai entry baru juga.

Cara Mengganti URL Blogspot Tanpa Kehilangan Trafik

Cara Mengganti URL Blogspot Tanpa Kehilangan Trafik Blog

Agar link yang kita ganti tetap mendapat trafik dari link lama, kita harus melakukan pengalihan (redirection) setelah mengganti URL. Hal ini bisa kita lakukan dengan mudah karena Blogger sudah menyediakan toolsnya.

1. Cara Mengganti Permalink Blogger

Untuk mengganti URL Blogger, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Login ke dasbor Blogger
  • Masuk ke menu Pos lalu cari artikel yang ingin kamu ubah permalinknya
  • Lihat bagian pojok kanan atas lalu klik tombol Revert to Draft. Jika sudah, lihat kolom sebelah kanan dan cari opsi Permalink
  • Btw catat dulu nama link yang lama yah! Setelah itu pilih opsi Custom Permalink lalu masukan nama link baru
  • Klik tombol Done
  • Publish ulang artikel

2. Cara Mengalihkan Link Lama Blogspot ke Link Baru

Dengan redirection, pengunjung yang mengklik link lama kita akan secara otomatis dialihkan ke link yang baru. Dengan begitu trafik yang kita dapat di link lama tidak akan hilang seluruhnya. Caranya?
  • Login ke dasbor Blogger
  • Masuk ke menu Settings ► Search Preferences
  • Klik Edit pada menu Custom Redirects
  • Setelah itu masukan slug permalink lama dan baru (ujungnya saja, tidak perlu pakai https:// dan nama website)
  • Centang opsi Permanent
  • Klik tombol Save
Selesai sudah, kini link lama kamu sudah secara otomatis dialihkan ke link baru.

0 Response to "Cara Mengganti URL Blogspot Tanpa Kehilangan Trafik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi