5 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Freelancer Pemula

BisablogDEMO.blogspot.com - Bekerja sebagai seorang freelancer adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk dapat penghasilan tambahan. Jika ditekuni dengan serius, bukan tidak mungkin pekerjaan ini malah menjadi pekerjaan utama kita menggantikan pekerjaan sebelumnya.

Meski begitu, uintuk menjadi seorang freelancer kita tidak hanya butuh waktu dan skill saja. Jika kamu baru saja menggeluti bidang ini, maka ada banyak hal yang harus dipelajari dulu sebelum kamu memutuskan untuk menjual jasa kamu.

Nah, jika kamu ingin menjadi freelancer yang sukses, jangan lakukan kesalahan yang banyak dilakukan freelancer pemula seperti di bawah ini yah!

Kesalahan yang banyak dilakukan freelancer pemula (Image: https://www.pexels.com/photo/photo-of-a-woman-thinking-941555/)

1. Belum mengetahui jasa yang akan ditawarkan

Sebelum menjadi seorang freelancer, tentu kamu harus tahu dulu dong apa sih yang ingin kamu tawarkan pada calon klien. Jika kamu memiliki skill tertentu, maka kamu bisa mulai dengan memasarkan skill kamu tersebut.

Terus bagaimana jika saya tidak punya kemampuan tertentu?

Satu hal yang pasti, calon klien membutuhkan skill tertentu untuk membantu mereka dalam mengatasi sebuah masalah. Jika kamu tidak memiliki skill, maka calon klien yang bisa kamu dapat mungkin hanya segelintir saja. Dan ini pun rasanya terbatas pada beberapa pekerjaan ringan saja seperti survey, entry data, atau mencari data yang dibutuhkan klien.

Jadi jika kamu ingin memulai jasa freelance, pastikan kamu belajar dan menguasai sebuah skill terlebih dahulu agar kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

2. Terlalu jual mahal

Bagi freelancer pemula, apalagi yang belum memiliki reputasi dan portfolio yang baik, maka mendaratkan job pertama bukanlah hal yang mudah. Bersaing dengan banyak freelancer pemula lain, kamu harus memiliki nilai lebih di mata klien potensial yang siap mempekerjakan kamu.

Sayangnya banyak freelancer pemula yang terlalu jual mahal. Sebenarnya tidak ada yang salah selama kamu memang memiliki sklill unik atau luar biasa. Namun jika kamu baru mulai bekerja secara freelance, tidak ada salahnya memberi servis lebih untuk mempertebal portfolio kamu. Jika kelak kamu sudah memiliki reputasi yang cukup baik, kamu bisa mulai menawarkan servis yang sama dengan harga yang lebih tinggi.

3. Tidak mempromosikan jasa

Jika kita ingin sukses bekerja secara freelance, maka tidak hanya bisa berdiam diri sambil berharap ada orang lain yang dapat menawarkan pekerjaan kepada kamu.

Dengan banyaknya media promosi saat ini, kamu juga harus aktif dalam mempromosikan jasa yang kamu punya. Selain melalui media sosial, kamu juga bisa memasarkan jasa lewat grup WA, forum, atau dengan menyisihkan budget untuk mengiklankannya.

Meski begitu jangan terlalu sering melakukan hard selling agar calon klien tidak merasa jengah terus-terusan mendapatkan promo dari kamu.

4. Terlalu fokus pada uang

Tujuan dari bekerja secara freelance sudah pasti uang, tapi kamu tidak akan mendapatkan lebih dari beberapa lembaran uang rupiah jika hanya fokus pada uangnya saja.

Selain uang, kamu juga bisa membangun relasi yang baik dengan klien. Selain itu kamu juga bisa memberi servis lebih untuk membuat pelanggan kamu puas.

Dengan relasi yang baik seperti ini, bukan tidak mungkin klien yang sama akan menawarkan pekerjaan berikutnya kepada kamu. Lumayan kan, kamu tidak perlu sering mencari calon klien baru. Selain itu pelanggan yang puas juga akan lebih mudah merekomendasikan hasil pekerjaan kamu kepada calon klien potensial lainnya.

5. Tidak memiliki portfolio yang baik/lengkap

Meski kita memiliki skill yang baik, membuat orang lain percaya pada kemampuan kita adalah hal yang berbeda. Nah, salah satu cara untuk membuat orang lain mudah percaya pada kita adalah dengan membuat portfolio yang baik.

Portfolio ini bentuknya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah media sosial atau blog yang bisa kamu isi dengan semua hasil karya serta pengalaman dan penghargaan yang pernah kamu dapat. Jika kamu pernah bekerja sama dengan klien lain, maka kamu juga bisa menampilkan testimoni mereka agar orang lain lebih cepat mempercayai jasa yang kamu tawarkan

- - -

Sama seperti pekarjaan lain pada umumnya, bekerja sebagai freelancer juga memiliki tantangan tersendiri. Namun jika kamuingin sukses sebagai freelancer, maka kamu harus mau bekerja lebih giat dibanding banyak penjual jasa lain yang menjadi kompetitor kamu.

Jika kamu sudah mempersiapkan semuanya, kamu bisa mulai memasarkan jasa kamu di salah satu situs freelance terbaik atau melalui sosmed dan forum-forum yang terkait dengan skill yang kamu tawarkan.

0 Response to "5 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Freelancer Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi