Punya Blog yang Sudah Tidak Terurus? Pakai Buat Ini Saja!

BisablogDEMO.blogspot.com - Kalau kamu sudah melakukan kegiatan blogging sejak lama, ada kemungkinan kamu pernah memiliki lebih dari satu blog.

Ketika salah satu blog yang kamu miliki lebih menyita perhatian kamu maka akan ada blog lain yang terbengkalai. Kadang blog tersebut terabaikan terlalu lama hingga kamu tidak punya hasrat lagi untuk meneruskannya.

Terus, harus diapain?

Ternyata, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan blog yang sudah tidak aktif.

7 Cara Untuk Memanfaatkan Blog yang Sudah Tidak Aktif

Cara memanfaatkan blog yang sudah tidak terurus (https://unsplash.com/photos/TutXCo4Yf8E)

1. Tidak melakukan apapun

Ini yang mungkin secara sengaja atau tidak sengaja kamu lakukan pada blog yang kamu abaikan. "Kalo ngga’ dipake, buat apa diurusin?"

Kalau kamu membuat blog di platform gratisan seperti Blogger atau WordPress, kamu tidak perlu pusing-pusing. Karena meskipun tidak diupdate, blog kamu masih bisa tetap ada kecuali kamu melanggar aturan dan ditutup secara paksa. Jadi tidak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu kamu ingin meneruskan kembali kegiatan blogging kamu.

Dan kalau memang ingin kamu biarkan, ada baiknya kamu optimalkan dulu SEO blog kamu. Jangan lupa juga untuk memasang AdSense atau semacamnya, siapa tahu masih ada receh yang bisa dihasilkan oleh blog tersebut.

Pada beberapa kasus, beberapa blog mengalami peningkatan trafik seiring berjalannya waktu, siapa tahu blog kamu juga bisa.

2. Jual blog kamu

Kenapa tidak? Bahkan ada beberapa bloger yang memang sengaja membuat blog dengan domain atau niche tertentu untuk dijual.

Dan kalau kamu bisa menghasilkan rupiah dari blog yang kamu tidak gunakan lagi, akan lebih baik bukan daripada kamu abaikan dan tidak menghasilkan apa-apa?

3. Berdayakan konten blog kamu

Kamu ingin menjual blog kamu tapi nama domainnya terlalu personal atau memang tidak mencerminkan niche yang kamu pilih, sehingga tidak laku dijual, jangan khawatir!

Kalau kamu memiliki konten yang baik kamu bisa menjual tulisan kamu untuk dipasangkan pada blog orang lain. Jangan lupa, sebelum menjualnya kepada orang lain pastikan konten blog kamu sudah dihapus dari blog kamu. Selain itu hapus juga dari index Google supaya nanti tidak tercatat sebagai konten duplikat.

Dan kalau kamu memiliki konten yang cukup banyak pada suatu bahasan tertentu, kamu juga bisa mengumpulkannya dan membuat buku/ebook kemudian menjualnya.

4. Gabung dengan blog kamu yang lain

Kalau kamu memiliki beberapa blog dengan tema umum yang sama dan salah satunya sudah tidak aktif, kamu bisa menggabungkan semuanya. Dengan begitu kamu tidak perlu repot mengurus banyak blog dan bisa konsentrasi di satu blog saja.

Selain itu menggabungkan dua blog akan membuatnya jauh lebih besar bukan?

5. Ubah fungsi blog kamu

Meskipun blog kamu sudah tidak aktif, bukan berarti blog tersebut sudah tidak bermanfaat. Kalau blog kamu masih memiliki traffic bulanan yang cukup baik, kamu bisa mengubah fungsi blog tersebut.

Salah satu caranya adalah menggunakannya sebagai media promosi blog kamu yang lain.

Kamu juga bisa menjadikannya etalase untuk produk yang kamu jual, seperti buku/ebook yang telah disebutkan sebelumnya.

6. Berikan pengelolaannya kepada orang lain

Jika kamu terlalu repot harus mengurus banyak blog sekaligus, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain yang bisa kamu percaya.

Kalau kamu punya modal lebih, kamu bisa menyewa orang untuk melakukan maintenance atau bahkan membeli artikel jadi yang siap dipublish.

Posting tamu/guest posting juga bisa menjadi alternatif untuk tetap dapat menghidupkan blog yang kamu buat dengan kamu sebagai adminnya sehingga konten blog kamu tetap dapat terjaga.

7. Parkirkan domainnya

Buat kamu yang punya blog dengan trafik yang cukup dan punya nama domain sendiri, bisa juga lho coba domain parking.

Dengan memarkir domain, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu layanan yang cukup terkenal untuk ini adalah Sedo. Tidak hanya menampilkan iklan, Sedo juga bisa membantu kamu mencari pembeli potensial jika kamu ingin menjual domain tersebut.

Jadi, sudah tahu kan apa saja yang bisa kamu lakukan kalau punya blog yang sudah tidak aktif lagi. Kalau kamu punya cara lain yang lebih keren, tinggalin komentarnya dong!

0 Response to "Punya Blog yang Sudah Tidak Terurus? Pakai Buat Ini Saja!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi