9 Ide Bisnis yang Bisa Mendatangkan Passive Income


BisablogDEMO.blogspot.com - Passive Income merujuk pada istilah di mana kita bisa mendapatkan penghasilan secara tidak langsung tanpa perlu aktif bekerja. Hal ini beda dengan cara kerja biasa seperti berjualan atau kerja di kantor di mana kita harus selalu ada untuk mendapatkan penghasilan.

Namun meski namanya passive income bukan berarti kita tidak perlu melakukan apapun untuk mendapatkan uang. Saat membangun dan memasarkannya tentu membutuhkan biaya dan tenaga, namun enaknya, setelah itu kita hanya perlu mengerjakan pekerjaan yang minim saja. Dan jika sudah berjalan dengan baik, bahkan saat kita tidur pun kita bisa menghasilkan uang.

Nah, bagi kamu yang ingin juga memulai bisnis yang bisa mendatangkan passive income, beberapa ide bisnis ini bisa kamu contek dan jadikan inspirasi.

Cara Mendapatkan Passive Income

ide bisnis yang mendatangkan passive income

1. Menjual Stock Photo

Menjual stock photo adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income. Enaknya berbisnis stock photo, kita bisa menjual photo yang sama hingga berkali-kali. Jika foto yang kita unggah menjadi populer, pendapatan yang didapat tentunya akan sangat banyak sekali bukan.

Untuk mulai menjual foto stok pun tidak terlalu sulit. Untuk mendapatkan foto kita bisa memanfaatkan kamera smartphone yang sudah berkualitas baik dan beresolusi tinggi. Namun jika kamu memiliki perlengkapan fotografi seperti kamera tentu akan semakin bagus.

Hasil foto yang kita ambil nantinya bisa kita pasarkan melalui akun sosmed atau blog yang kamu punya. Namun jika kamu tidak ingin repot, maka kamu bisa menjualnya di beberapa situs jual-beli stock photo seperti Shutterstosk, iStock, atau 500px.

Agar kamu lebih sukses dalam menjual foto-foto semacam ini, pastikan kamu mengambil gambar yang banyak dibutuhkan orang dan sesuai dengan trend saat ini.

2. Menjual Karya Ilustrasi Digital

Sama seperti foto, karya ilustrasi digital seperti gambar vector kini juga banyak dicari oleh orang lain. Namun untuk mulai menjual karya ilustrasi digital seperti ini kamu harus lebih dulu menguasi software-software ilustrasi digital seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, atau Infinity Design.

Untuk menjualnya kamu bisa memasarkannya sendiri atau mengunggahnya di situs jual beli seperti Etsy, Creative Market, atau Envato.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu ide passive income yang cukup populer. Selain caranya yang cukup sederhana, kini pun ada banyak layanan dan jasa yang menyediakan program semacam ini.

Melalui program afiliasi, kita hanya perlu mempromosikan produk atau jasa tertentu. Hal ini bisa dilakukan melalui blog, website, akun sosmed, hingga via email. Jika ada transaki yang dilakukan melalui link afiliasi yang kita berikan, maka kita bisa mendapatkan komisi.

Besarnya komisi yang didapat pun bisa cukup besar tergantung produk yang kita promosikan. Untuk produk fisik seperti barang elektronik atau gadget komisinya mungkin hanya berkisar antara 2-3%. Produk fashion biasanya memiliki komisi yang lebih besar hingga 10%. Namun jika kamu ingin komisi yang lebih besar, produk digital dan kursus online biasanya menawarkan komisi hingga 50% atau lebih.

4. Menulis Buku / Ebook

Jika kamu hobi menulis, ada kesempatan untuk mendapatkan passive income yang bisa kamu coba, yaitu dengna menulis buku.

Agar buku bisa lebih populer, kamu bisa menulis terlebih dahulu di sosial media atau blog untuk mendapatkan banyak followers. Jadi jika nantinya kamu meirilis buku, kamu sudah memiliki pasar potensial untuk memasarkan buku kamu.

Selain menulis buku dalam bentuk fisik, kamu juga bisa memasarkan tulisan kamu dalam bentuk ebook. Enaknya lagi prosesnya cukup mudah dan bahkan bisa dilakukan sendiri. Keuntungan yang bisa didapat pun relatif lebih besar karena ebook hanya perlu dibuat satu kali namun bisa dijual berkali-kali. Keuntungan yang didapat pun tidak akan berkurang banyak karena biaya produksi, distribusi, atau saat kita kelebihan stok.

5. Jadi Youtuber

Youtuber rasanya menjadi salah satu profesi yang sangat diidam-idamkan banyak orang akhir-akhir ini. Para selebritis pun kini berbondong-bondong membuat channel Youtube mereka sendiri. Hal ini tidak lain karena ada potensi passive income yang cukup besar. Cukup upload sekali, satu video yang sama bisa mendatangkan uang berkali-kali.

Untuk memonetasi video yang kita buat, cara paling poopuler adalah dengan daftar Google Adsense. Dengan Adsense, semakin banyak orang yang melihat video kita maka akan semakin banyak pula pendapatan yang bisa kita raih.

Namun tidak melulu Adsense, kita juga bisa mendapatkan uang dengan cara lain. Selain affiliate marketing yang saya sebut di atas, kita juga bisa menjual merchandise, menerima tawaran endorsement, hingga menerima donasi dari subscriber kita.

6. Blogging

Sama seperti Youtube, blog juga bisa mendatangkan passive income jika dikerjakan dengan serius. Membuat blog bahkan menjadi salah satu ide bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba karena memang tidak ada modal yang perlu kamu keluarkan selain biaya internet.

Cara monetasi blog sendiri bermacam-macam mulai dari Google Adsense, MGID (alternatif Adsense) Affiliate marketing, menjual produk/jasa, menjual ebook, hingga memasang slot iklan mandiri.

Tidak hanya itu, jika kamu juga mahir membuat blog, kamu juga bisa membuat blog untuk dijual kembali.

7. Bisnis Franchise

Bisnis franchise adalah bisnis yang memudahkan kita untuk memiliki bisnis sendiri tanpa perlu pusing memikirkan konsep dagang dari nol. Selain itu banyak bisnis franchise yang sudah memiliki nama sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk mengenalkannya kepada calon pelanggan.

Melalui bisnis semacam ini, kita hanya menyiapkan modal dan tempat usahanya saja. Untuk stok barang, pemasaran, hingga urusan karyawan seluruhnya diserahkan kepada pemilik usaha franchise.

Jika kamu tertarik, beberapa jenis bisnis franchise murah yang cukup populer dan bisa dilakukan dengan modal rendah adalah Ayam goreng, Thai tea, takoyaki, atau minuman boba.

8. Investasi

Meski kelihatannya rumit, investasi adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan passive income. Cukup menanamkan modal, kita bisa memperoleh keuntungan selama modal tersebut kita investasikan pada instrumen yang tepat.

Investasi pun kini lebih mudah dilakukan karena ada banyak aplikasi online yang menyediakan fitur semacam ini. Bahkan apliasi online marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak pun bekerja sama dengan beberapa instansi untuk memudahkan pengguna aplikasi untuk berinvestasi. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak, bahkan mulai dari uang Rp100 saja!

Jenis investasi sendiri sangat beragam dan rasanya tidak akan cukup dibahas dalam satu artikel saja. Namun jika kamu tertarik, beberapa jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah emas, deposito, reksadana, saham, atau peer-to-peer lending.

Namun sebelum berinvestasi pastikan kamu memilih jenis investasi yang terbaik. Untuk pemula, kamu bisa memilih investasi emas, deposito, atau beberapa investasi reksadana yang memiliki resiko rendah. Namun jika kamu ingin untung yang lebih besar, kamu bisa memilih investasi saham dan reksadana yang agresif namun dengan resiko yang besar.

9. Menyewakan Properti

Jika kamu memiliki rumah, apartemen, atau lahan yang tidak terpakai, ada baiknya jika aset tersebut disewakan agar kamu bisa mendapatkan passive income. Hal ini juga akan lebih baik karena setidaknya ada yang merawat aset yang tidak terpakai tersebut.

Untuk memasarkan aset yang tidak terpakai pun cukup mudah dengan banyaknya situs jual-beli rumah online seperti Mamikos, Jendela360, atau Rumah123.



Bagaimana, ada banyak kan peluang bisnis yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income.Kamu hanya perlu memilih salah satu yang sesuai dengan modal dan keinginan kamu.

Namun jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai. jangan sampai modal yang kamu keluarkan malah menjadi sia-sia.

0 Response to "9 Ide Bisnis yang Bisa Mendatangkan Passive Income"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi