7 Jenis Backlink yang Harus Diwaspadai

BisablogDEMO.blogspot.com - Backlink adalah salah satu kunci penting dalam meningkatkan reputasi blog. Umumnya semakin banyak backlink yang bisa didapat, semakin baik pula reputasi blog yang bisa kita dapat.

Sayangnya tidak semua backlink bernilai sama. Masing-masing memiliki kualitas yang berbeda-beda. Tidak cuma itu, ada juga lho backlink yang malah bisa bikin blog kamu di-sleding sama Google.

Makanya kalau mau metrik blog kamu tetap awet, coba deh hindari beberapa jenis backlink di bawah ini.


1. Forum

Kebanyakan situs berbentuk forum akan memberikan backlink dofollow pada setiap link yang dicantumkan di sebuah postingan. Hanya saja kamu harus hati-hati kalau mau mencari backlink dari situs semacam ini.

Pertama, pastikan forum tersebut jelas dan memang isinya berhubungan dengan niche blog kamu. Selain itu pastikan forum juga menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa yang digunakan blog agar tidak terdeteksi sebagai spam oleh Google.

2. Guestbook

Satu cara untuk mendapatkan backlink dofollow gratis dengan mudah adalah dengan mengisi guestbook. Namun Google kabarnya sudah mengetahui trik ini dan mempertimbangkan untuk menghiraukan backlink dari situs semacam ini.

Lagipula guestbook tidak cuma dimanfaatkan blog biasa saja, tapi juga banyak blog spam lainnya. Jadi hindari bergerombol dengan blog spammy seperti itu.

3. Link Social Bookmark

Satu lagi cara mudah untuk mendapatkan backlink gratis adalah melalui link social bookmarking. Namun sama seperti Guestbook, cara ini sering dimanipulasi oleh para penggunanya. Jadi hindari link semacam ini esdini mungkin.

4. Directory Submissions

Tidak semua website direktori memiliki kualitas yang buruk, jadi kamu harus lebih berhati-hati saat akan menanamkan backlink dari situs semacam ini.

5. PBN

Private Blog Network adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan ranking blog secara alami. Apalagi jika PBN-nya kamu atur sendiri, link juice yang kamu dapat bisa jauh lebih berkualitas.

Sayangnya kamu harus berhati-hati saat mengurus blog PBN. Google sendiri kini cukup pintar untuk mengetahui mana blog PBN dan mana yang bukan. Jadi gunakan dan tanam link di blog PBN sewajarnya agar bot mesin pencari tidak curiga. Selain itu isi kontennya secara berkala setidaknya seminggu sekali.

6. Komentar Blog

Dulu, mendapatkan link dari kolom komentar blog menjadi salah satu taktik yang sering disalahgunkan dalam SEO. Hal ini kemudian memicu adalah nofollow link secara default pada kolom komentar blog.

Meski begitu bukan berarti kamu tidak boleh lagi blogwalking dan mengirim komentar di blog orang lain. Selama dilakukan dengan benar dan tidak menyisipkan link aktif pada komentar rasanya sah-sah saja.

7. Link Nofollow Random

Link nofollow random adalah link bersifat nofollow yang kamu dapat secara acak dari berbagai situs yang nampaknya tidak ada hubungannya dengan blog kamu.

Link nofollow semacam ini biasanya digunakan oleh penjual backlink untuk menyamarkan rasio link nofollow dan dofollow agar tidak membuat Google curiga. Hal ini biasanya dilakukan menggunakan tools agar bisa dibuat dalam jumlah masif.

Tapi kalau jumlahnya terlalu banyak dan asalnya juga random dari situs-situs asing, maka siap-siap saja kena penalti dari Google.

0 Response to "7 Jenis Backlink yang Harus Diwaspadai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi