Tips Membangun Blog Niche Untuk Pemula

BisablogDEMO.blogspot.com - Beda dengan blog pada umumnya, blog niche umumnya hanya membahas satu topik umum saja. Selain blog semacam ini, ada lagi blog micro niche yang membahas hal yang jauh lebih spesifik.

Dibanding membuat blog gado-gado, blog niche memiliki banyak keuntungan. Sebagai contoh, tema dalam satu topik tersebut bisa dibahas secara lebih mendalam dan lebih lengkap. Selain itu topik dalam satu niche juga seringkali lebih menarik bagi pengunjung.

Nah, jika kamu juga ingin membangun blog semacam ini, ada beberapa tips membangun blog niche yang bisa kamu ikuti berikut ini.

tips membangun blog niche

1. Pilih niche yang sesuai dengan skill atau passion

Saat ini ada banyak pilihan niche yang bisa diambil oleh bloger. Mulai dari masalah kesehatan, keuangan, hingga masalah rumah tangga. Namun sebelum memilih niche, ada baiknya jika kita memiliki background, skill, atau setidaknya passion di bidang tersebut.

Memiliki sebuah blog niche bukanlah hal yang mudah. Orang-orang yang berkunjung pun biasanya adalah orang yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai sebuah topik, atau orang yang memiliki passion yang kuat pada bidang tersebut.

Jika kita tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai niche yang akan diambil, akan sulit untuk membuat blog niche yang berkualitas. Dan jika kita memilii waktu luang untuk belajar pun rasanya akan sulit dan hanya akan membuat stress saja.

2. Bahas topik secara mendalam

Dibanding blog kebanyakan yang perlu diupdate secara rutin untuk mempertahankan trafik, blog niche tidak perlu melakukan hal yang sama selama topik yang dibahas diulas secara mendalam.

Lagipula jika blog niche membahas topik secara umum seperti blog lainnya, maka tidak ada value lebih yang kita tawarkan pada pembaca. Jadi ulas secara mendalam topik yang kamu ambil. Akan lebih baik jika kita juga menyertakan pengalaman pribadi kita saat membahas topik tersebut.

3. Berinteraksi dengan pembaca

Saat membuat blog niche, jangan heran jika akan ada lebih banyak pertanyaan dibanding blog gado-gado pada umumnya. Apalagi jika artikel yang kita buat bisa menjadi solusi bagi pengunjung yang mencari jawaban bagi masalah mereka.

Karena itulah, pastikan kamu menampilkan dengan jelas alamat email atau akun sosial media yang bisa dihubungi oleh pengunjung blog kamu. Dan jangan lupa juga untuk selalu membalas pesan yang masuk ke inbox kamu.

4. Promosikan blog di tempat yang tepat

Dengan topik pembahasan yang sempit, jangan sampai kamu mempromosikan blog di tempat yang salah. Jika hal ini terjadi, mungkin akan sangat sedikit sekali orang yang tertarik untuk mengunjungi blog niche kamu.

Untuk mempromosikan blog niche, kamu bisa mulai dengan bergabung ke grup, fanspage, atau forum berisi peminat niche tersebut. Di sosial media pun kamu bisa memfollow orang-orang yang lebih dulu populer di niche tersebut.

Dan jika kamu mengiklankan blog, pastikan kamu sudah mengatur target iklan sesuai dengan demografi pengunjung yang tertarik dengan niche yang kamu ambil.

5. Jangan tergantung pada Adsense

Tergantung niche yang diambil, umumnya blog semacam ini tidak akan menarik banyak trafik. Jika niche yang diambil ternyata memiliki nilai CPC/BPK yang rendah, maka pendapatan dari Adsensen jelas sulit untuk diandalkan.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan cara monetasi lain seperti menjual produk & jasa, atau menggunakan link afiliasi. Dengan pengunjung yang spesifik, akan lebih mudah untuk menarik minat mereka dalam membeli produk/jasa yang kita promosikan. Lagipula komisi dari afiliasi bisa cukup besar, jadi kamu tidak perlu mengandalkan pendapatan dari Google Adsense saja.


Bagaimana, apakah kamu masih tertarik untuk membangun blog niche? Jika kamu baru mulai membuat blog, membangun blog niche adalah langkah awal yang menurut saya sangat bagus. Selain lebih mudah menargetkan pengunjung, blog baru kamu juga bisa lebih bersaing dengan blog lain yang lebih dulu eksis.

Jika nanti kamu sudah memiliki authority pada niche tersebut, tidak ada salahnya jika kamu mengembangkan topik yang ada dan bersaing di kata kunci yang lebih besar volumenya. Dan sebagai langkah awal sebelum memiliki blog niche yang sukses, tips membangung blog niche untuk pemula di atas bisa kamu praktikan terlebih dahulu.

0 Response to "Tips Membangun Blog Niche Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi