7 Tips Untuk Mengamankan Website

BisablogDEMO.blogspot.com - Keamanan website adalah salah satu masalah penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik blog. Kamu tentu tidak ingin bukan melihat blog kamu tidak tampil seperti biasanya karena dihack atau terkena malware?

Tidak hanya itu saja, spam juga menjadi salah satu masalah keamanan yang juga harus kamu waspadai. Selain bisa menyerang siapa saja, komen spam juga akan membuat reputasi website kita jelek di mata pembaca dan bot Google.

Lalu bagaimana caranya mengamankan website dari tindak kejahatan semacam ini? Sebagai langkah awal, 7 tips keamanan website ini bisa kamu lakukan segera!

Cara Mengamankan Website dan Blog dengan Mudah

Cara mengamankan website (image: https://unsplash.com/photos/8_NI1WTqCGY)

1. Rutin Backup

Ketika kita memiliki website yang sudah berjalan dan diisi secara rutin, maka kita harus membuat backup Blogspot setidaknya setiap seminggu sekali. Jika kamu sering mengupdate blog, mungkin ada baiknya jika backup dilakukan setiap 2-3 hari sekali atau bahkan setiap hari.

Dengan adanya backup, kamu bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Saya sendiri beberapa kali terselamatkan dari bencana yang lebih besar karena memiliki backup. Jika pada skenario terburuk kita harus memulai website dari nol lagi, setidaknya kita tidak kehilangan konten dan membuatnya dari awal.

2. Selalu Update

Jika kita memakai template, plugin, atau script tertentu, maka update adalah hal penting yang harus kamu lakukan secara rutin. Update sendiri berisi bermacam-macam perubahan seperti perubahan tampilan atau penambahan fitur. Tapi yang lebih penting dari itu adalah perbaikan bug dan masalah keamanan lainnya.

3. Gunakan Password yang Baik

Username dan Password adalah dua komponen yang memisahkan antara kita dengan orang lain yang berniat jahat. Karena itulah, pastikan kamu memakai username dan password yang sulit ditebak oleh orang lain.

Beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat password yang baik antara lain:
  • Menggunakan kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, hingga simbol. Semakin banyak kombinasinya, semakin sulit bagi bot untuk melakukan brute force untuk memecahkan password yang kamu buat.
  • Buat password yang panjang. Semakin panjang tentu semakin bagus, tapi jangan sampai kamu lupa dengan password kamu sendiri.
  • Buat password dari kata random. Kata semacam ini akan lebih sulit untuk dipecahkan dibanding password yang menggunakan kata asli yang kamu temukan di kamus.

4. Gunakan HTTPS

HTTPS adalah protokol yang mengatur proses pertukaran data antara server dan klien. Secara default, protokol yang digunakan adalh HTTP, nmun kita bisa membuat proses pertukaran data tersebut menjadi lebih aman dengan menggunakan HTTPS (S artinya Secure yang berarti Aman).

Untuk menggunakan HTTPS, kita hanya perlu memasang SSL certificate saja. Pada Blogger, cara inimudah dilakukan melalui menu SETTINGS ► BASIC, lalu pilih opsi YES pada menu pengaturan HTTPS Redirect. Pada Wordpress, kita bisa memakai SSL Certificate gratis dari Lets Encrypt atau Cloudflare yang nantinya bisa kita pasang pada nama domain kita. Untuk cara pemasangannya, silahkan berkonsultasi dengan tim support masing-masing hosting yah!

5. Gunakan Two Factor Authentication

Selain memakai password yang sulit ditebak, menggunakan Two-Factor Authentication (2FA) adalah cara lain untuk mengamankan halaman login website kamu. Tidak hanya butuh username dan password, kamu juga harus memiliki perangkat tertentu (seperti nomor telepon) agar bisa login ke website kamu.

Jadi jika ada seseorang yang berhasil mengetahui username dan passsword kamu, mereka tetap tidk kan bisa login selama kamu memegang perangkat genggam yang kamu gunakan untuk 2FA.

6. Jangan login Sembarangan

Ada baiknya kamu tidak login menggunakan jaringan internet umum seperti warnet, Wifi di kafe, atau jaringan internet di tempat publik terbuka lainnya. Dengan bebasnya akses pada jaringan publik tersebut, kita tidak akan pernah tahu apakah ada orang yang berniat jahat atau tidak. Karena itu hindarilah login ke website dengan data-data yang sensitif selama kamu memakainya.

7. Memilih Hosting yang Baik

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memilih hosting terbaik yang memberi banyak fitur keamanan. Jika kita memakai hosting gratis dari Blogger atau Wordpress.com, maka hosting yang akan kita gunakan sudah dibeking oleh server berkualitas yang rasanya akan sulit dibobol. Namun jika kita membuat website dengan hosting yang kita pilih sendiri, pastikan hosting tersebut sudah memiliki fitur keamanan serta support yang mumpuni.

- - -

Bagaimana, melindungi website kamu dapat dilakukan dengan mudah bukan? Jadi jangan sampai kamu menyesal kemudian, segera lakukan pencegahan sekarang juga!

0 Response to "7 Tips Untuk Mengamankan Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Template Blogger Terbaik Rekomendasi